Neutron Yogyakarta
Metro Pekalongan

Peringati Harkop, Dekopinda Gelar Pasar Murah

Dekopinda Pasar Murah

SERAHKAN – Walikota Pekalongan, Moch Saelany Machfudz saat menyerahkan paket sembako secara simbolis kepada masyarakat dalam kegiatan pasar murah Dekopinda, Selasa (5/6).
M. AINUL ATHO

KOTA PEKALONGAN – Memperingati Hari Koperasi yang ke 71, Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kota Pekalongan menggelar pasar murah dengan sasaran anggota koperasi di seluruh Kota Pekalongan, Selasa (5/6).

Dalam kegiatan yang digelar di Kantor Dekopinda tersebut, ada sebanyak 500 paket sembako murah dengan harga Rp70 ribu, namun dapat dibeli dengan harga Rp55 ribu.

Ketua Dekopinda Rofiqur Rusdi mengatakan, dalam kegiatan tersebut Dekopinda menyiapkan sebanyak 500 paket sembako dengan isi 5 kilogram beras, 1 kilogram gula pasir dan 900 mililiter atau kemasan satu botol minyak goreng. Per paket sembako, pihaknya memberikan subsidi sebesar Rp15 ribu. “Alhamdulillah tahun ini kami menggelar secara mandiri. Biasanya kami mendapatkan alokasi paket sembako murah dari Pemkot Pekalongan,” tuturnya.

Kegiatan pasar murah tersebut, dikatakan Rusdi, merupakan agenda perdana Dekopinda dalam memperingati Hari Koperasi. Selain pasar murah, Dekopinda juga akan menggelar bakti sosial ke empat panti asuhan di empat kecamatan.

Selanjutnya, juga akan dilaksanakan kegiatan jalan sehat, donor darah serta cek kesehatan gratis. Peringatan Hari Koperasi oleh Dekopinda Kota Pekalongan, akan dipuncaki dengan resepsi Hari Koperasi pada 20 Juli mendatang.

Kegiatan pasar murah kali ini, juga akan menjadi acuan bagi penyelenggaran kegiatan serupa di tahun-tahun berikutnya.

Rusdi menyatakan, di tahun-tahun mendatang Dekopinda akan berupaya menambah jumlah paket yang akan dijual kepada masyarakat maupun menambah item dalam paket yang dijual. “Semoga kedepan jumlah paket yang kami jual bisa bertambah lagi,” harapnya.

Walikota Pekalongan, Moch Saelany Machfudz yang hadir dalam kegiatan tersebut, mengapresiasi kegiatan pasar murah yang diselenggarakan Dekopinda. Menurutnya pasar murah tersebut merupakan salah satu bentuk perhatian dan tanggung jawab pengurus koperasi kepada para anggotanya. “Pasar murah ini diharapkan dapat mengurangi beban pengeluaran masyarakat khususnya para anggota koperasi melalui pemenuhan sebagian kebutuhan pangan dalam bentuk subsidi komoditi sembako,” kata Walikota.

Ia menambahkan bahwa setiap menjelang bulan puasa dan hari raya Idul Fitri, permintaan kebutuhan masyarakat akan naik dan hal tersebut akan diimbangi dengan melonjaknya harga komoditas tersebut, sementara disisi lain kemampuan atau daya beli sebagian masyarakat belum sepenuhnya mampu. “Kegiatan semacam ini saya harap bisa rutin digelar agar membantu masyarakat dalam menghadapi naiknya harga sembako menjelang puasa dan lebaran,” tambahnya.

Walikota berharap dengan adanya kegiatan pasar murah dan berbagai kegiatan lainya yang dislenggarakan dekopinda akan semakin menarik minat masyarakat untuk menjadi anggota koperasi. (nul)

Facebook Comments