Features

Hindari Kemacetan, Siapkan Jalur Alternatif

Jalur Alternatif Tol

FUNGSIONAL – Jalan Tol Pemalang Batang pada arus mudik lebaran 1439 hijriyah sudah dapat difungsionalkan. Meski begitu jalur alternatif untuk mengurai kemacetan tetap disediakan.
TRIYONO

Melihat Persiapan Arus Mudik Paska Difungsikan Jalan Tol

Polres Pekalongan terus melakukan pemantauan untuk melakukan pengamanan pada saat arus mudik tahun 2018 pasca difungsikan jalan Tol Pemalang-Batang. Seperti apa? Triyono, Kajen

Berbagai langkah pengamanan terus dilakukan. Meski Jalan Tol Pemalang- Batang pada arus mudi lebaran 2018 dapat difungsikan, namun Satlantas Polres Pekalongan tetap mempersiapkan jalur alternatif. Jalur alternatif tersebut digunakan apabila terjadi kemacetan yang cukup parah.

Hal itu dibenarkan Kasatlantas Polres Pekalongan AKP Boby Anugerah Rahman ketika di ruang kerjanya, Sabtu (2/6). Menurutnya, dalam menghadapi arus mudik lebaran 1439 hijriyah kali ini sudah dipersiapkan. Seperti rambu atau pembatas jalan yang ada di Jalan Pantura Kabupaten Pekalongan. Selain itu Polres Pekalongan juga telah menyiapkan sejumlah Pos Pam demi kelancaran para pemudik.

“Untuk jalur alternatif tetap kami persiapkan baik bagi pemudik atau pada saat arus balik. Jalur alternatif ketika arus mudik bagi pemudik kini sedang dalam perbaikan dan mudah mudahan jalan sudah baik,” katanya.

Jalur alternatif bagi pemudik tersebut yang telah dipersiapkan adalah dari Pait Sragi menuju Selatan ke Bojong – Kedungwuni- Buaran- Ponolawen atau bisa dialihkan ke Warungasem Batang. Jalur selanjutnya adalah Wiradesa – Bojong- Kedungwuni Ponolawen.

“Jalur alternatif tersebut kita gunakan apabila di Tol atau pantura macet. Karena saat ini akan ada proses perbaikan jembatan di wilayah Kota Pekalongan sehingga dipastikan imbasnya sampai di Jalur Pantura Kabupaten Pekalongan,” lanjutnya.

Mudah-mudahan pada arus mudik lebaran tahun ini, kata dia, jalur alternatif tersebut tidak sampai digunakan karena dipastikan Jalan Pantura akan lancar.

Seperti diketahui, Pada Arus mudik lebaran 2018 Jalan Tol Pemalang – Batang sudah fungsional. Akantetapi di wilayah Kabupaten Pekalongan tidak ada res area ataupun exit tol. Adapun di Wilayaha Kecamatan Bojong hanya akan digunakan sebagai emergency atau darurat.

Kapolres Pekalongan, AKBP Wawan Kurniawan, saat pengecekan fungsional Jalan Tol di Pekajangan, Kamis (31/5), menyatakan bahwa Ruas Jalan Tol Kabupaten Pekalongan sepanjang 16, 7 Kilometer. Ruas trrsebut dimulai dari perbatasan Kabupaten Pemalang dan Kabupaten Batang yaitu di Kali Kupang. Untuk dari arah Jakarta pemudik menggunakan jalur sebelah kiri atau sisi utara.

“Untuk di Kabupaten Pekalongan ini tidak ada res area sedangkan yang ada di Kelang Depok dan Candi Areng. Kemudian di wilayah Bojong yang sebelumnya digunakan untuk exit sebagian kecil dignakan untuk kendaraan kecil ke Kabupaten/ Kota Pekalongan dan Banjar Negara untuk tahun ini tidak digunakan. Namun untuk tahun ini hanya digunakan untuk emergency saja misalnya seperti mobil ambulans mobil derek, mekanik, pertamina, mobil patroli,” terangnya.

Selain untuk emergency, lanjut dia, terdapat juga untuk siaga anggota Pos Pam di Bojong. Sedangkan untuk pengamanan Polres Pekalongan menyiagakan tim dari sabhara mengunakan trail. Kemudian di Bojong ditempatkan personil dan di tiap 5 kilometer ada mobil patroli yang menyalakan lampu rotatornya.

“Jadi untuk pelayanan ditempatkan mobil patroli pengamanan. Sedangkan nanti untuk penerangan malam dan rambu sebagian dari pihak proyek tol dan sebagian dari kita. Seprti ada blue ligt patrol dengan Polsek yang dekat tol mewajibkan mobilnya standby di Jalan Tol,” katanya. (*)

Facebook Comments