Neutron Yogyakarta
Lain-lain

Adu Tajam Cristiano Ronaldo dan Mohamed Salah

Statistik Perbandingan Gol Cristiano Ronaldo vs Mohamed Salah Musim Ini*Adu Tajam Cristiano Ronaldo dan Mohamed Salah

Pertandingan Real Madrid vs Liverpool dalam final Liga Champions 2018 di NSC Olimpiyskiy, Kiev akan menjadi ajang adu ketajaman bagi pemain tersubur kedua tim, Cristiano Ronaldo dan Mohamed Salah. Ronaldo dan Salah merupakan dua pencetak gol terbanyak di Liga Champions sepanjang musim ini.

Pada turnamen level Eropa tersebut, Ronaldo memang lebih unggul dengan catatan 15 gol. Angka ini lebih baik dari Salah yang baru mengemas 10 gol. Namun, jika dihitung dari torehan di semua kompetisi, jumlah gol kedua pemain sama banyaknya. Baik Ronaldo maupun Salah sama-sama telah mengemas 44 gol di berbagai kompetisi.

Jika berkaca dari “kebetulan kecil” kedua pemain musim ini, pihak yang lebih dulu mencetak gol berpeluang besar membawa timnya memenangkan laga. Hal ini terindikasi dari rekor Ronaldo dan Salah yang sama-sama tak pernah kalah setiap mereka mampu mencetak gol pembuka di suatu laga.

Sejauh ini, Salah telah mencetak gol pertama dalam 12 pertandingan yang melibatkan Liverpool. Dari jumlah tersebut, sembilan di antaranya berakhir dengan kemenangan, sedangkan tiga lainnya imbang. Di lain pihak, Ronaldo tercatat sembilan kali mencetak gol pembuka dalam pertandingan yang melibatkan Real Madrid. Delapan di antaranya berujung kemenangan, sedangkan satu lainnya berkesudahan imbang.

Dalam aspek di atas, Salah boleh saja berada di atas angin. Namun jika kembali meninjau efektivitas gol kedua pemain, Ronaldo lebih baik.

Peraih lima gelar Ballon d’Or itu tercatat mencetak 44 gol hanya dalam kurun 43 laga. Artinya, ia tercatat memiliki rerata torehan 1,02 gol di setiap pertandingan. Angka ini lebih baik dari Salah yang mencatatkan 44 gol dari 51 laga. Rerata gol pemain asal Mesir itu menyentuh 0,86 di setiap pertandingan.

Lepas dari perbandingan catatan kedua pemain, Ronaldo sendiri mengaku enggan dibandingkan dengan Mohamed Salah. Menurutnya, ia berbeda dari pemain manapun, begitu pula Salah yang dianggapnya memiliki karakter khusus.

“Orang-orang ingin membandingkan saya dengan pemain lain, saya berbeda dari semuanya. Salah [juga] berbeda dengan pemain manapun. Jadi, kami berbeda,” tutur eks punggawa MU itu seperti dikutip ESPN.

Sementara itu, pelatih Liverpool, Jurgen Klopp menyebut jika terlalu awal untuk membandingkan Ronaldo dan Salah. Pasalnya, dua pemain tersebut memiliki masa petualangan sepakbola yang berbeda.

“Mo [Salah] memainkan musim yang baik, tapi Ronaldo telah bermain seperti ini selama 15 musim. Dia telah mencetak, mungkin 47 ribu gol, angka yang gila,” ujar Klopp sedikit melebihkan, dalam wawancaranya seperti dikutip Telegraph.

Klopp juga menyarankan agar para pencinta sepakbola tak terlalu mempermasalahkan siapa yang lebih baik. Bagi eks pelatih Borussia Dortmund itu, ada hal yang lebih penting untuk dilakukan, yakni menikmati permainan indah yang ditunjukkan pemain hebat manapun.

“Kenapa kita harus membandingkan? Pada masa kejayaan Pele, ia tak dibandingkan dengan pemain lain,” pungkas Klopp.

Kickoff final Liga Champions diagendakan berlangsung Minggu (27/5/2018) dini hari pukul 01.45 WIB. Jika tak ada perubahan, laga ini akan disiarkan langsung stasiun televisi nasional, SCTV. (tirto)

Facebook Comments