Radar Kajen

Antisipasi Teroris, Dalmas Dipersenjatai

Dalmas

BEKALI SENPI – Sejumlah anggota Dalmas Polres Pekalongan dibekali senjata api.
TRIYONO

KAJEN – Adanya serangan bom bunuh diri oleh teroris di Mapolrestabes Surabaya, membuat Polres Pekalongan menyiapkan diri guna mengantisipasi hal tersebut. Selain melakukan penebalan pengamanan pada pintu masuk Mako, anggota Dalmas juga dibekali senjata api (Senpi).

Senpi laras panjang itu kini harus melekat di dalam tubuh tidak boleh lepas, karena senjata api sangat penting bagi aparat keamanan. Namun tidak semua anggota boleh menggunakannya karena ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi.

Kasat Sabhara AKP Prisandi Tiar di sela- sela pembekalan menyatakan, anggota Dalmas Sat Sabhara Polres Pekalongan diberi pembekalan dan pengenalan senjata api. Fungsi senjata adalah untuk melindungi diri sendiri dari ancaman yang bisa muncul sewaktu-waktu.

“Akan tetapi yang perlu diingat adalah bahwa senjata juga bisa membuat celaka bagi yang memegangnya. Untuk itu kita harus selalu mematuhi prosedur yang telah ditetapkan,” kata AKP Prisandi Tiar.

Lebih lanjut disampaikan bahwa pengenalan senjata ini dimaksudkan sebagai aparat keamanan harus tahu senjata mulai dari cara penggunaan, cara perawatan dan yang paling penting bahaya yang bisa terjadi jika terjadi kesalahan dalam penggunaannya. Itu semua harus diketahui sebaik mungkin agar dalam melaksanakan tugas bisa berjalan dengan baik.

AKP Prisandi Tiar penanggung jawab kegiatan menyampaikan bahwa kegiatan ini diberikan dengan harapan anggota bisa menjadi lebih perofesional, sehingga apabila nanti diberi tugas maka tugas yang diembannya akan dilaksanakan dengan baik.

“Saat ini tuntutan tugas semakin kompleks permasalahannya, untuk itu sebagai anggota Dalmas harus dibekali dengan berbagai macam disiplin ilmu. Salah satunya adalah pengenalan senjata,” lanjutnya.

Dengan pengenalan Senpi tersebut, ia berharap lebih lanjut dalam penguasaan senjata maka mampu melaksanakan tugas lebih percaya diri. Mengingat tugas yang diemban mempunyai resiko yang cukup tinggi yaitu selalu bersinggungan dengan para penjahat yang notabene bisa berbuat nekat tanpa mempertimbangan orang lain. (Yon)

Facebook Comments