Radar Batang

Gunakan Cetak Matic, KTP-el Bisa dicetak Seribu Keping Per Hari

Pencetakan KTP el

AKTIVTAS – Petugas Disdukcapil saat melakukan pencetakan KTP-el. Kini KTP el dapat dicetak hingga 1.000 blangko per harinya menggunakan cetak matic.
NOVIA ROCHMAWATI

BATANG – Kini pelayanan pencetakan KTP-el di Disdukcapil Batang lebih mudah. Pasalnya, kini Disdukcapil Batang telah menggunakan cetak matic yang dapat mencetak KTP-el hingga 1.000 blangko per harinya.

“Alhamdulillah kini kami punya alat cetak matic yang pengerjaannya lebih efesien dari alat cetak yang manual. Dengan menggunakan alat ini kami per harinya bisa mencetak KTP hingga rata-rata 1.00 blangko per hari. Dengan catatan tidak adanya gangguan jaringan internet,” terang Kepala Disdukcapil Batang M Abdul Rahman, saat diwawancarai Radar Pekalongan, Kamis (17/5).

Lebih lanjut, Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk, M Soleh menerangkan, dengan cetak matic ini penvetakan KTP el lebih mudah dan efisien. Pasalnya petugas capil di tiap kecamatan tak perlu datang ke Disdukcapil untuk mencetak dan entry data. Tinggal sekali klik saja data yang ada di kecamatan bisa langsung segera dicetak di Disdukcapil. Dan setelah KTP selesai dicetak KTP bisa langsung diambil oleh petugas kecamatan.

“Selama ini kan setelah perekaman selesai, petugas kecamatan nantinya datang ke kantor capil untuk mengentri data dan cetak satu per satu secara manual. Dan dengan manual paling sehari hanya bisa mencetak sekitar 300 blangko saja. Nah dengan cetak matic ini bisa dilakukan tanpa perlu petugas kecamatan datang ke sini. Petugas hanya perlu mengentri NIK yang akan dicetak dan otomatis nanti akan ada order pencetakan di komputer petugas sini,” jelasnya.

Soleh menambahkan, dengan pencetakan yang lebih cepat ini pihaknya berharap bisa menyelesaikan sisa perekaman sebanyak 170.000 data di akhir tahun. Pencetakan yang lebih efisien ini dapat juga diharapkan mampu mengurangi penumpukan pelayanan di kantor Disdukcapil.

“Dengan kinerja yang lebih cepat ini jadi pelayanannya lebih cepat. Dan jika pelayanannya lebih cepat tentunya akan lebih baik. Kami juga berharap dengan pencetakan yang lebih cepat ini dapat memudahkan masyarakat yang memiliki hak pilih dalam Pilgub Jatang agar sudah mendapatkan KTP-el ketika akan memberikan hak pilihnya,” tandasnya. (nov)

Facebook Comments