Radar Batang

Memasuki Ramadhan, Harga Kebutuhan Pokok Mulai Naik

Harga Kebutuhan Pokok

BELANJA – Seorang ibu tengah berbelanja barang kebutuhan di salah satu kios yang ada di pasar Batang, kemarin.
M Dhia Thufail

BATANG – Sejumlah harga komoditas pangan di pasar tradisional mulai merangkak naik. Harga barang pokok berpotensi naik signifikan seiring dengan tingginya kebutuhan masyarakat memasuki bulan suci Ramadan yang akan berjalan dalam dua pekan ke depan.

Berdasarkan hasil pantauan di Pasar Batang, Kamis (17/5) siang kemarin, harga bahan pokok yang mulai naik yakni bawang merah, telur, daging ayam, dan cabai merah besar teropong.

Satu diantara pedagang Pasar Batang, Lela menuturkan harga satu kilogram bawang merah saat ini dijualnya sekitar Rp 32 ribu – Rp 35 ribu per kilogram (kg). Harga tersebut sudah mengalami kenaikan Rp 2 ribu – Rp 5 ribu per kg dibandingkan harga pekan lalu.

Harga cabai keriting dan cabai rawit juga terpantau masih tetap berada di atas Rp 30 ribu per kg. Sedangkan untuk bawang putih, harga mulai berangsur pulih hingga di dibawah Rp 30 ribu per kg, sesuai anjuran pemerintah.

“Selain masalah pasokan yang dirasa minim, permintaan masyarakat yang semakin meningkat namun tak dibarengi dengan ketersediaan stok juga dinilai cukup mengkhawatirkan,” katanya.

Selain itu, ketersediaan tenaga kerga pekerja yang kemungkinan besar bakal berkurang karena libur Lebaran juga akan memicu kenaikan ongkos. Sehingga, diperkirakan hal itu akan mendorong kenaikan harga.

Hal senada juga diungkapkan pedagang lain di Pasar Batang, Anwar. Ia menuturkan bahwa ada kenaikan harga untuk barang dagangannya. Seperti harga ayam potong yang saat ini bertengger di kisaran Rp 40 ribu, naik dari pekan lalu sekitar Rp 33 ribu per potong.

“Perkiraan saya harga masih akan terus meningkat hingga Lebaran nanti,” kata Anwar.

Ditambahkan Anwar, kenaikan juga terjadi pada harga telur. Yang tadinya berada di kisaran Rp 20 ribu sampai Rp 22 ribu, kini merangkak naik mencapai Rp 25 ribu per/Kg.

“Untuk harga beras eceran masih stabil Rp 10 ribu, gula pasir Rp 11 ribu, dan minyak goreng Rp 11 ribu sampai Rp 12 ribu,” pungkasnya. (fel)

Facebook Comments