Neutron Yogyakarta
Radar Pendidikan

Guru Harus Menjadi Teladan

Murpasi, Pengawas Dindikbud Kabupaten Pekalongan

Murpasi, Pengawas Dindikbud Kabupaten Pekalongan

KAJEN – Seorang guru harus menjadi teladan yang baik bagi murid-muridnya. Hal ini disampaikan oleh Pengawas Sekolah Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pekalongan, Murpasi. Menurutnya, seorang guru haruslah memiliki kesabaran dan hati yang luas.

“Menjadi guru itu harus dari panggilan hati. Guru SD khususnya, harus mempunyai kesabaran dan keluasan hati, sehingga bisa menjadi teladan bagi anak-anak,” ujar Murpasi.

Pria asli Wonopringgo ini juga menuturkan bahwa guru, orang tua, dan masyarakat harus saling mendukung dan terlibat dalam pembentukan karakter anak. Bagi Murpasi, mendidik bukanlah semata-mata tugas guru, tetapi juga harus didukung oleh peran orang tua dan masyarakat.

“Dalam menjadi guru juga harus memiliki ilmu jiwa dan memahami anak secara psikologis. Jika ada anak yang bermasalah hendaknya diadakan home visit, datang ke rumah untuk mengetahui latar belakang keluarga sehingga penanganan pada anak tepat. Kalau hanya dilihat dari tingkah laku di sekolah bisa jadi penanganannya kurang tepat,” jelas Murpasi.

Disebutkan, Murpasi menjadi pengawas sejak 22 Februari 2008. Menjadi seorang guru merupakan cita-citanya sejak kecil. Pada 1 Mei 1984 dirinya mulai aktif bertugas sebagai guru. Murpasi telah mempunyai pengalaman menjadi guru dan kepala sekolah di beberapa tempat, diantaranya SDN 01 Wonopringgo, SDN 02 Wonopringgo, SDN 04 Legokgunung, dan SDN Galangpengampon. (mg6)

Penulis: Fakhrun Nisa | Radar Pekalongan
Redaktur: Dalal Muslimin

Facebook Comments