Radar Pendidikan

Festival Santri Aisyiyah, Semarak

Festival Santri Aisyiyah, Semarak

FESTIVAL – Kegiatan Festival Santri Aisyiyah sekaligus Pelatihan Ustadz/Ustadzah TPQ Aisyiyah.
EKA ISDITYA / RADAR PEKALONGAN

TIRTO – Lembaga Koordinasi Pembinaan dan Pengembangan (LKP-2) Taman Pendidikan Quran (TPQ) Aisyiyah Kabupaten Pekalongan menggelar kegiatan Festival Santri Aisyiyah sekaligus Pelatihan Ustadz/Ustadzah TPQ Aisyiyah. Kegiatan dilangsungkan Minggu pagi (13/05) di Desa Wuled Kecamatan Tirto.

Ketua Panitia Kegiatan, Imsak, menuturkan terdapat dua kegiatan yang digelar. “Yang pertama ada Festaq I (Festival Santri ‘Aisyiyah I) yaitu lomba santri TPQ Aisyiyah se Kabupaten Pekalongan dengan 2 cabang lomba, Lomba Tartil Alquran dan Tahfidzul Quran,” ujarnya.

Ia menambahkan tujuan digelarnya kompetisi tersebut yakni sebagai ajang silaturahmi antar TPA Aisyiyah se Kabuoaten Pekalongan yang sekaligus juga untuk menambah semangat santri dalam belajar Alquran.

Selain Festival Santri Aisyiyah, pihaknya juga menggelar kegiatan Pelatihan Ustadz/Ustadzah TPQ Aisyiyah se Kabupaten Pekalongan khusus untuk materi Irama Murottal dengan tutornya yakni Ustadz Evam dari LPTQ Nasional AMM Yogyakarta. “Ini tujuannya agar para pengajar TPQ khususnya TPQ Aisyiyah Kabupaten Pekalongan bisa membaca Alquran dengan Irama Murottal dan juga lebih memperdalam pengetahuan tentang irama murottal yang nantinya dapat ditularkan kepada santri,” imbuh pria yang kerap disapa Pak Imsak ini.

Dijelaskan, jumlah peserta yang terlibat dalam kegiatan ini ialah 185 orang. “Untuk peserta lomba kurang lebih 85 santri, sedangkan peserta pelatihan kurang lebih 100 pengajar TPQ ‘Aisyiyah di Kabupaten Pekalongan,” jelasnya.

Kegiatan tersebut ialah kegiatan perdana yang kebetulan digelar bersamaan dengan kegiatan di masing-masing TPQ. “Kebetulan masing-masing TPQ banyak yang masih ada kegiatan juga, sehingga belum semuanya bisa andil mengikuti kegiatan Festaq I dan pelatihan ini,” ujar dia.

Ia menambahkan, pada Festaq I TPQ ‘Aisyiyah se Kabupaten Pekalongan tahun ini TPQ ‘Aisyiyah Ta’aruf Petukangan Wiradesa berhasil keluar sebagai juara umum I dengan memboyong 4 juara 1, dari dua cabang lomba. (mg5)

Penulis: Eka Isditya | Radar Pekalongan
Redaktur: Dalal Muslimin

Facebook Comments