Metro Pekalongan

Lebaran, Interchange Belum Bisa Fungsional

Cek Interchange

CEK – Anggota DPRD Kota Pekalongan melakukan pengecekan pembangunan jalan interchange ke Pasar Grosir Setono, belum lama ini.

KOTA PEKALONGAN – Jalur interchange tol Pekalongan-Batang, diperkirakan belum dapat digunakan pada Idul Fitri tahun ini. Sebab menurut target yang ditetapkan PT Pekalongan Batang Tol Road (PBTR), jalur interchange baru dapat selesai pada 31 Juli 2018. Hal itu diungkapkan Sekda Kota Pekalongan, Sri Ruminingsih kemarin.

“Saat ini pembangunan sudah berjalan. Sebelumnya kami ingin agar saat Idul Fitri sudah selesai aksesnya, tapi ternyata tidak bisa karena PBTR mendahulukan pembangunan tol. Sehingga mungkin jalur interchange baru selesai pada 31 Juli 2018,” jelas Sekda.

Dikatakan Sekda, Pemkot sudah maksimal mungkin mendorong terwujudnya jalur interchange di Kota Pekalongan dengan menggelentorkan dana cukup besar di tengah keterbatasan APBD.

Anggaran tersebut, digunakan untuk pembebasan lahan guna pembangunan fisik jalur interchange. Harapannya, dengan dibangunnya interchange maka ekonomi Kota Pekalongan tetal dapat berjalan. “Kami sudah berupaya semaksimal mungkin di tengah APBD yang terbatas kami sudah keluarkan Rp75 miliar. Dengan tujuan demi ekonomi Kota Pekalogan tetap berjalan mulai dari hotel, kuliner, hingga wisata bisa tetap dikunjungi khususnya saat libur Idul Fitri,” kata Sekda.

Seperti diketahui, Kota Pekalongan mengalami dampak signifikan saat tol fungsional pada Idul Fitri tahun 2017. Dampak terbesar terlihat pada pendapatan para pedagang batik di Pasar Grosir Setono yang turun mencapai 50 persen. Akhirnya, untuk mengatasi kondisi itu Kota Pekalongan mengusulkan pembuatan jalur interchange yang awalnya diharapkan dapat selesai Idul Fitri tahun ini.

Dikatakan Sekda, dengan terbangunnya interchange maka Kota Pekalongan tetap dapat dikunjungi para pemudik saat libur Idul Fitri. Adanya jalan tol, membuat para pemudik enggan mampir di Kota Pekalongan jika tidak ada akses jalan dengan titik keluar langsung di Kota Pekalongan. Sebab exit tol hanya ada di Bojong Kabupaten Pekalongan dan di Kabupaten Batang.

Humas PT PBTR, Sartono, saat dikonfirmasi menyatakan belum dapat memastikan kapan jalur interchange dapat fungsional. Saat ini dikatakan Sartono pihaknya masih melakukan kajian untuk memperhitungkan waktu fungsional jalur interchange. (nul)

Facebook Comments