Radar Bisnis

Jaringan Indosat Jateng Siap Sambut Lonjakan Trafik

Indosat

UJI JARINGAN – Yusuf Setiawan selaku Division Head NSAS Optimization (tengah) melakukan uji jaringan Indosat dengan melakukan streaming di depan Masjid Agung Demak disela Drive Test Indosat Ooredoo 2018, Selasa (15/5).

Selama Ramadan dan Lebaran 2018

Menyambut datangnya bulan Ramadan dan Lebaran 2018, Indosat melakukan uji jaringannya di sepanjang jalur pantura Jawa Tengah, mulai dari Semarang – Demak – Kudus. Ketiga kota tersebut merupakan jalur mudik yang padat menjelang libur Lebaran di Jawa Tengah.

Selain itu, ketiga kota tersebut juga memiliki beberapa objek wisata yang mungkin akan dipadati wisatawan saat libur Lebaran nanti.

Dalam uji jaringan tersebut, Indosat melakukan uji jaringan dengan melakukan video streaming dengan resolusi 1080p sepanjang perjalanan. Selain Video Streaming di area Masjid Agung Demak, Indosat juga melakukan video call di Museum Kretek Kudus.

Division Head NSAS Optimization, Yusuf Setiawan mengatakan, “Kecepatan rata-rata mengunduh di sepanjang rute perjalanan drive test mencapai 8,09 Mbps. Sementara kecepatan maksimal di jalur uji jaringan mencapai 39,74 Mbps. Di beberapa titik keramaian, kecepatan maksimal jaringan Indosat mencapai 107,7 Mbps, seperti di Masjid Agung Demak, Museum Kretek Kudus dan Simpang Lima Semarang. Tujuan dari drive test adalah untuk menguji jaringan di jalur mudik, kota tujuan mudik dan juga tempat wisata,” kata Yusuf disela paparan Hasil kegiatan Drive Test Indosat Ooredoo 2018 di Kantor Indosat Central and West Java Region, Jl.Pemuda Semarang, Selasa (15/5).

Ketiga kota ini juga menjadi kota pertama yang merasakan jaringan 4G yang lebih baik. Karena Indosat mulai menggunakan frekuensi 2.100 MHz yang telah mereka dapatkan dari lelang pada tahun lalu. Salah satu keunggulan frekuensi ini adalah mampu meningkatkan kapasitas jaringan 4G. Sebelumnya, Indosat menggunakan frekuensi 1.800 MHz untuk jaringan 4G.

Selain itu, pelanggan Indosat juga yang menggunakan smartphone yang sudah mendukung fitur Carrier Aggregation akan diuntungkan karena kecepatan yang bisa mereka dapatkan akan meningkat.

“Prediksi kami, lonjakan jaringan data akan meningkat sampai 83 persen dibanding lebaran tahun lalu. Untuk trafik voice dan SMS tidak ada kenaikan yang signifikan,” jelas Yusuf.

Untuk menambah kenyamanan pelanggan saat arus mudik yang melalui jalur TOL Jawa Tengah, Indosat juga sudah mengantisipasi dengan kesiapan Mobile BTS, dan melakukan penambahan kapasitas pada BTS yang sudah ada.

Ditempat yang sama, Penny Anggreini selaku Marketing Communication Manager Indosat Central and West Java regional menambahkan, untuk lebih memanjakan pelanggan saat Ramadan dan Lebaran 2018, Indosat juga menghadirkan promo Unlimited YouTube 5000 berlaku selama 24 jam bagi pelanggan iM3. “Promo menarik ini mulai harga Rp 5 ribu, pelanggan akan menikmati Unlimited YouTube tanpa klaim, Unlimited Chat dan Sosmed, dan Unlimited Streaming Musik dan Film,” jelas Penny. (nang)

Facebook Comments