Radar Kendal

Hilal tak Tampak di Kendal, Ramadan Dipastikan Besok

Ramadan Dipastikan Besok

HILAL TAK TAMPAK – Kantor Kementerian Agama Wilayah Jawa Tengah melakukan ruqiatul (pengamatan) hilal di Pelabuhan Kendal, Selasa (15/5).
NUR KHOLID MS / RADAR PEKALONGAN

KENDAL – Kantor Kementerian Agama Wilayah Jawa Tengah melakukan ruqiatul (pengamatan) hilal di Pelabuhan Kendal, Selasa (15/5). Pada pukul 17.30, hilal yang menjadi objek pengamatan tersebut tidak tampak. Hal itu menandakan bahwa puasa bulan suci Ramadhan dipastikan belum dilaksanakan pada hari Rabu (16/5), tetapi pada Kamis (17/5).

Hal itu dibenarkan Kepala Kanwil Kemenag Jateng, Farhani, saat melakukan pengamatan hilal. Kata dia, hasil pengamatan oleh timnya dan para pakar segera dilaporkan kepada Kementerian Agama untuk menjadi bahan pertimbangan dalam sidang isbath.

“Ruqiatul hilal di Pelabuhan kendal ini ternyata kami belum melihat hilal. Hasilnya masib negatif,” kata dia.

Diungkapkan, hasil pengamatan yang dilakukannya di Pelabuhan Kendal ini, hampir dapat dipastikan tanggal 1 bulan Ramadan dimulai pada tanggal 17 Mei atau hari Kamis.

“Hasil yang kami amati disini, akan diporkan kepada bapak menteri untuk bahan pertimbangan sidang isbat malam ini (selasa, kemarin),” terang dia.

Ditambahkan, Pelabuhan Kendal dipilihnya menjadi tempat pengamatan hilal dikarenakan Masjid Agung Jawa Tengah tengah digunakan untuk perayaan Dugderan.

“Masyarakat akan menumpuk di Masjid Agung Jawa Tengah. Karena pertimbangan itulah, pengamatan hilal kami geser ke Pelabuhan Kendal ini,”imbuh dia. (nur)

Penulis: Nur Kholid Ms | Radar Pekalongan
Redaktur: Widodo Lukito

Facebook Comments