Radar Pendidikan

Pramuka Bantara MASS Proto Dilantik

MASS Proto

MENYEMATKAN – Waka Kesiswaan MASS Proto menyematkan tanda pelantikan anggota bantara.
FAKHRUN NISA / RADAR PEKALONGAN

KEDUNGWUNI – Sebanyak 136 siswa Madrasah Aliyah Salafiyah Syafiiyah (MASS) Proto mengikuti Kemah Pelantikan dan Penutupan Latihan Pramuka yang digelar oleh Dewan Ambalan KH Hasyim Asyari dan RA Kartini. Kegiatan ini digelar di Bumi Perkemahan MASS Proto pada Minggu (13/5) hingga Senin (14/5).

Wakil Kepala MASS Proto, Muh Badruddin, menuturkan tema yang diangkat dalam kegiatan ini adalah Disiplin dengan Ketakwaan, Bersatu dalam Kebersamaan, Bergerak dengan Ketangkasan, Berkarakter Mulia untuk Agama dan Bangsa.

“Melalui kegiatan ini kami ingin meningkatkan kualitas pramuka di MASS Proto, melaksanakan pengkaderan dan regenerasi dewan ambalan, dan mengajarkan pengamalan Dasa Dharma Pramuka pada segenap anggota pramuka kelas X,” ujarnya kepada Radar, Minggu (13/5).

Dijelaskan, kemah pelantikan diisi dengan aneka kegiatan, diantaranya sarasehan, permainan, outbound, dan api unggun. Para peserta juga diberikan materi tentang peta dan penyelesaian Syarat Kecakapan Umum (SKU). Perkemahan ini sekaligus sebagai penutupan latihan yang rutin digelar di bawah pembinaan Saiful Bahri dan Zulfati Naimah sebagai pembina dewan ambalan.

Melalui kegiatan ini, Badruddin berharap anggota pramuka mampu menjadi pribadi yang mandiri, cerdas, kritis, dan peduli lingkungan. Dirinya juga berharap anggota pramuka mampu meningkatkan prestasi yang bisa membanggakan sekolah.

“Kami berharap anggota pramuka MASS Proto bisa bersaing dalam berkompetisi bidang kepramukaan pada tingkat kecamatan, kabupaten, provinsi, bahkan nasional. Serta tertanam jiwa Ing Ngarso Sung Tuladha, Ing Madya Mangun Karso, Tut Wuri Handayani dan mengamalkan Dasa Dharma Pramuka,” pungkasnya. (mg6)

Penulis: Fakhrun Nisa | Radar Pekalongan
Redaktur: Dalal Muslimin

Facebook Comments