Radar Pendidikan

MAN Insan Cendekia Kota Pekalongan Gelar Wisuda Perdana

MAN Insan Cendekia Kota Pekalongan Gelar Wisuda Perdana-BERFOTO

BEFOTO – Wisudawan berfoto bersama Kepala MAN IC Kota Pekalongan, Direktur KSKK Madrasah, dan tamu undangan.
FAKHRUN NISA / RADAR PEKALONGAN

KOTA – MAN Insan Cendekia Kota Pekalongan menggelar Pengukuhan Kelulusan Siswa XII tahun pelajaran 2017/2018 pada Kamis (10/5). Sebanyak 85 siswa dikukuhkan kelulusannya pada wisuda perdana ini. Jumlah tersebut terdiri atas 52 siswa IPA dan 33 siswa IPS. Dalam prosesi wisuda, setiap siswa diminta maju satu per satu dan dibacakan prestasi yang telah diraih selama tiga tahun menimba ilmu.

MAN Insan Cendekia (MAN IC) Kota Pekalongan merupakan salah satu lembaga pendidikan dibawah binaan Kementerian Agama Republik Indonesia, yang diharapkan dapat melahirkan sumber daya manusia yang berkualitas tinggi dalam keimanan dan ketakwaan, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi serta mampu mengaktualisasikan diri dalam kehidupan masyarakat.

Kepala MAN Insan Cendekia Kota Pekalongan, Mashuri SAg MThI, menuturkan bahwa ada impian mulia yang harus diwujudkan bersama agar tercipta kader-kader pemimpin bangsa di masa depan yang cerdas, kreatif, berakhlak mulia, dan memiliki integritas demi kemajuan dan kejayaan bangsa Indonesia.

“Alhamdulillahirobbil’alamin, puji syukur kehadirat Allah SWT yang senantiasa melimpahkan rahmat, hidayah, dan kenikmatan yang luar biasa kepada kita semua. Shalawat serta salam selalu kita sanjungkan kepada nabi agung Muhammad SAW, semoga kita senantiasa mendapat syafaat beliau di yaumil qiyamah, Aamiin. Bagi kami, karena ini yang pertama sudah luar biasa, banyak prestasi yang diraih. Sudah sebanding dengan IC IC lain yang mungkin sudah berdiri 10 bahkan 20 tahun,” tuturnya.

Mashuri mengungkapkan rasa terima kasih kepada Direktorat Jenderal Kementerian Agama Republik Indonesia, Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, Walikota Pekalongan, Kantor Kementerian Agama Kota Pekalongan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pekalongan, Kecamatan Pekalongan Selatan, Kelurahan Banyurip, Orang Tua/Wali Murid serta seluruh elemen masyarakat.

“Kami mengucapkan terima kasih atas dukungannya kepada MAN Insan Cendekia Kota Pekalongan sehingga kami dapat melaksanakan Pengukuhan Kelulusan Siswa Kelas XII MAN Insan Cendekia Kota Pekalongan Angkatan I Tahun 2018 dengan khidmat dan lancar tanpa halangan suatu apapun,” lanjut Mashuri.

Sementara itu, Wakil Kepala Madrasah Bidang Kurikulum Abdul Azis SPd mengungkapkan beberapa siswa berhasil meraih nilai sempurna pada mata pelajaran Matematika IPA dan Kimia, dengan rata-rata nilai Program IPA adalah 79,5 dan Program IPS adalah 76. Sedangkan nilai Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional Berbasis Komputer (UAMBN-BK) menembus rata-rata nilai 81,85.

“Sebanyak enam siswa kami telah diterima di Perguruan Tinggi Luar Negeri Selandia Baru. Ada juga prestasi non akademik lainnya yang diperoleh baik di Tingkat Kota Pekalongan maupun Tingkat Jawa Tengah,” ujarnya.

Wakil Kepala Madrasah Bidang Humas Panca Imam Gutama SPd menyebutkan, sebanyak 18 siswa MAN IC Kota Pekalongan mewakili OSN Tingkat Provinsi Jawa Tengah. Satu siswa lolos ke tingkat nasional pada mata pelajaran astronomi atas nama Khomsatun Chasanah Kelas XI MIPA 2.

“Pada 2017, siswa kami, Ghozy Abror Aufan meraih juara II KSM tingkat nasional bidang mata pelajaran Matematika, dan sebelumnya pada 2016 siswa kami juga berhasil meraih juara II KSM Tingkat Nasional pada bidang Mata Pelajaran Ekonomi atas nama Ghiffari Alfani Royan,” lanjut Panca, sapaan akrabnya.

Melalui Pengukuhan Kelulusan Siswa Angkatan I ini, MAN Insan Cendekia Kota Pekalongan diharapkan akan mencetak generasi muda yang tidak hanya cerdas secara kognitif, tetapi juga cerdas secara spiritual dan emosional. Diharapkan lulusan MAN Insan Cendekia Kota Pekalongan bisa menjadi pemimpin baik di Indonesia maupun di dunia. (adv/mg6)

MAN Insan Cendekia Kota Pekalongan Gelar Wisuda Perdana-KIRAB

KIRAB – Wisudawan MAN IC mengikuti kirab saat hendak memasuki ruang pengukuhan kelulusan.
FAKHRUN NISA / RADAR PEKALONGAN

MAN Insan Cendekia Kota Pekalongan Gelar Wisuda Perdana-BERSAMA

BERSAMA – Kepala MAN IC Kota Pekalongan bersama Direktur KSKK Madrasah di acara Pengukuhan Kelulusan.
FAKHRUN NISA / RADAR PEKALONGAN

MAN Insan Cendekia Kota Pekalongan Gelar Wisuda Perdana-BERFOTO2

MAN Insan Cendekia Kota Pekalongan Gelar Wisuda Perdana-BERFOTO2

MAN Insan Cendekia Kota Pekalongan Gelar Wisuda Perdana-IKRAR

IKRAR – Siswa kelas XII mengucapkan Ikrar MAN IC di hadapan Kepala Madrasah dan dewan guru.
FAKHRUN NISA / RADAR PEKALONGAN

MAN Insan Cendekia Kota Pekalongan Gelar Wisuda Perdana-MENGALUNGKAN

MENGALUNGKAN – Kepala MAN IC Kota Pekalongan mengalungkan tanda wisuda pada siswa kelas XII.
FAKHRUN NISA / RADAR PEKALONGAN

MAN Insan Cendekia Kota Pekalongan Gelar Wisuda Perdana-kontingen

KONTINGEN – Kontingen MAN IC Kota Pekalongan pada KSM tingkat Nasional di Yogyakarta pada 2017.
FAKHRUN NISA / RADAR PEKALONGAN

Penulis: Fakhrun Nisa | Radar Pekalongan
Redaktur: Dalal Muslimin

Facebook Comments