Radar Kendal

Ansor Kecam Keras Aksi Terorisme

Ansor Kecam Keras Aksi Terorisme

KECAM KERAS – Pimpinan GP Ansor Cabang Kendal mengecam keras aksi terorisme yang terjadi di beberapa daerah di tanah air.
NUR KHOLID MS / RADAR PEKALONGAN

*Bertentangan Nilai Kemanusiaan

KENDAL – Pimpinan GP Ansor Cabang Kendal mengecam keras aksi terorisme yang terjadi di beberapa daerah di tanah air. Hal itu karena bertentangan dengan nilai-nilai kemanusiaan.

Demikian disampaikan oleh Muhammad Ulil Amri, Ketua PC GP Ansor Kendal, Senin (14/5). Kata dia, Kendal termasuk wilayah rawan munculnya aksi serupa. Dari rekam jejak penumpasan terorisme di tanah air, Densus 88 telah beberapa kali mengamankan pelaku teror yang berada di wilayah Kendal. Menurut Ulil, jauh hari sebelum peristiwa teror beberapa hari terakhir, PC Ansor telah menghimbau kepada jajaran Ansor dan Banser untuk senantiasa waspada terhadap kegiatan yang dapat mengarah kepada aksi terorisme.

“Dengan kejadian beberapa hari terakhir ini, Ansor dan Banser harus lebih meningkatkan kewaspadaan lagi. Siapapun bisa menjadi sasaran pelaku teror, tanpa mengenal waktu, tempat dan kondisi. Jika menemukan gerak-gerik yang mencurigakan, segera koordinasikan dengan aparat yang berwenang untuk diambil tindakan,” tegas Ulil.

Pun demikian, Ulil menginstruksikan kepada jajaran anggotanya untuk tetap tenang dan tidak menebarkan kecemasan di lingkungannya masing-masing. Dalam situasi seperti ini, wajar setiap orang akan cemas. Sikapi dengan terus menjalin komunikasi dengan stakeholder terkait di lingkungan masing-masing. “Cermati dulu setiap informasi yang beredar, jangan asal share yang malah dapat menambah kecemasan,” tukas Ulil.

Terkait dengan langkah antisipatif munculnya aksi serupa di Kendal, Ulil mendorong Pemkab Kendal untuk lebih selektif dalam memberikan perizinan terhadap Ormas-ormas yang berpaham radikal atas nama agama. Pasalnya, oaham tersebut dapat memicu aksi-aksi intoleran terhadap pihak-pihak yang tidak sepaham dengannya, salah satunya melalui aksi teror. Selain mengecam dan mengutuk aksi teror yang mengatasnamakan agama dirinya menghimbau kepada seluruh jajaran ansor banser agar tetap waspada. (nur)

Penulis: Nur Kholid Ms | Radar Pekalongan
Redaktur: Widodo Lukito

Facebook Comments