Radar Kajen

Muhammadiyah, Ramadan 17 Mei

Muhammadiyah Awal Ramadan

TAUSIYAH – Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir ketika memberikan tausiyah dalam peresmian Amal Usaha Muhammadiyah.

Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah menetapkan secara resmi awal Ramadan 1439 H jatuh pada 17 Mei 2018. Sedangkan 1 Syawal 1439 Hijriah atau Hari Raya Idul Fitri bertepatan pada 15 Juni 2018.

Demikian dikatakan Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir ketika kunjungan dan peresmian Amal Usaha Muhammadiyah di Kajen kemarin. Menurutnya, keputusan itu diambil setelah Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah melakukan penghitungan berdasarkan metode hisab hakiki wujudul hilal. Hasilnya, 1 Ramadan 1439 Hijriyah jatuh pada 17 Mei.

“Muhammadiyah telah memutuskan bahwa 1 Ramadan 1939 Hijriyah itu jatuh pada tanggal 17 Mei 2018, nah dengan demikian PP Muhammadiyah mengajak kepada seluruh umat Islam untuk bersiap-siap menunaikan ibadah Ramadan. Menjalankan puasa Ramadan dan rangkaianya dengan khusuk, dengan penuh kedekatan kepada Allah,” terangnya.

Dikatakan, dengan ramadan maka menghasilkan insan-insan bertakwa dengan meningkatkan keimanan, kebajikan dan keutamaan bagi masyarakat luas karena setiap tahun muslim berpuasa tentu semua harus memberi yang terbaik karena kesalehan.

“IsyaAllah kalau muslim mayoritas di negeri ini saleh secara Individu dan saleh secara Individual maka bangsa negeri ini akan menjadi Indonesia yang maslaha yang penuh rahmah dan Indonesia yang penuh Magfiroh,” harapnya.

Selain awal puasa, untuk lebaran juga sudah ditentukan. Jadi untuk Syawal itu jatuh pada hari Jumat legi 15 Juni 2018, sedangkan untuk 10 Dzulhijah atau Idul Adha jatuh pada 22 Agustus 2018.

“Jadi dengan hisab itu kita bisa memprediksi dan memproyeksi seluruh kegiatan kita jauh sebelumnya. Bagi yang mudik arus balik dan yang akan menentukan langkah lain itu sudah bisa terprogram. Tapi lebih dari itu kembali bahwa seluruh ibadah itu Ramadan syawal idul adha harus menjadikan muslim yang lebih baik dan memberi kemajuan bagi bangsa dan negara,” imbuhnya. (yon)

Facebook Comments