Radar Kendal

Sarang Lebah Ukuran Besar Dibakar

Sarang Lebah Ukuran Besar Dibakar

MEMBAKAR – Petugas Satpoldamkar Kendal melakukan Operasi Tangkap Tawon (OTT), dengan membakar sarang lebah berukuran besar.
NUR KHOLID MS / RADAR PEKALONGAN

*Sarang Lebah Ukuran Besar Dibakar

KENDAL – Karena mengancam warga dan anak-anak, petugas Satpol PP dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Kendal melakukan operasi tangkap tawon (OTT) di sebuah rumah milik Ahmad Toha di Dukuh ngebum, Desa Mororejo, Kecamatan Kaliwungu.

Operasi dilakukan dengan membakar sarang tawon. Dalam operasi, petugas pemadam kebakaran terluka tersengat lebah.

Informasi yang diperoleh, sarang tawon tersebut sudah hampir empat bulan. Sarang tawon terus bertambah sehingga khawatir melukai warga sekitar khususnya anak-anak. Pemilik rumah meminta petugas pemadam kebakaran Kendal untuk membersihkan sarang lebah agar tidak membahayakan warga sekitar.

Pemilik rumah, Ahmad Toha, mengatakan, awalnya sarang lebah tersebut berukuran kecil. Namun bertambah hari terus membesar hingga berdiameter satu meter. Warga khususnya anak-anak khawatir jika tidak segera dibersihkan bisa menyerang warga. “Kalau tidak dibersihkan bisa membahayakan. Pasalnya sengatan lebah berukuran besar ini membuat mati rasa dan pingsan,” kata dia, kemarin.

Sementara Widodo, Ketua regu Damkar, menjelaskan bahwa operasi tangkap tawon dilakukan malam hari karena lebah akan menyerang jika dilakukan saat terang. Dalam aksinya, petugas menggunakan alat seadanya dengan mengenakan jaket dan kaos tangan. Sarang tawon diambil, dimasukan ke dalam karung, kemudian dibakar. “Kami ambil resiko tersengat lebih kecil. Pembersihan dengan menggunakan obor ini,” katanya.

Saat pembersihan sarang tawon, warga dilarang mendekat dan lampu rumah dipadamkan dalam radius 50 meter agar lebah tidak berpindah tempat saat dilakukan pembakaran. Meski sudah dilengkapi dengan pengaman sederhana dan alat penyemprot serangga, petugas damkar kendal ini mengalami luka di tangan akibat sengatan lebah. Sengatan lebah mengakibatkan tangan bengkak dan harus dibersihkan menggunakan cuka.

“Sudah lima kali bersihkan sarang lebah, kalau disengat sudah terbiasa walau bengkak dan sakit tetapi kalu diberi cuka cepat sembuh,” kata Indra petugas damkar.

Dalam operasi tangkap tawon ini petugas mengamankan tiga karung berisi sarang lebah. Sarang lebah ini kemudian dibawa petugas untuk dimusnahkan. (nur)

Penulis: Nur Kholid Ms | Radar Pekalongan
Redaktur: Widodo Lukito

Facebook Comments