Radar Pendidikan

SMK Syafi’i Akrom Peringati Harlah Ke-14

SMK Syafii Akrom -fashion show

BERJALAN – Peserta Fashion Show tengah berjalan di catwalk yang diapit aneka motor modifikasi.
FAKHRUN NISA / RADAR PEKALONGAN

KOTA – Syafi’i Akrom mengadakan peringatan Hari Lahir (Harlah) ke-14 dengan menggelar berbagai acara, diantaranya lomba baris-berbaris, mewarnai, fashion show, modifikasi motor, festival band, dan SMK Bersholawat. Rangkaian kegiatan tersebut diselenggarakan selama dua hari, Sabtu (12/5) hingga Minggu (13/5).

Wakil Kepala Bidang Kurikulum, Hamzah Ahmad, menuturkan rangkaian peringatan Harlah ke-14 ini berbeda dengan tahun kemarin. Jika tahun kemarin kegiatan tahunan ini digelar dalam waktu satu hari, tahun ini perayaan harlah dilaksanakan dalam dua hari.

“Selama dua hari ini kami fokus ke Harlah. Ini kegiatan rutin setiap tahun, tetapi tahun ini lebih banyak kegiatannya dan lebih meriah karena dilaksanakan dua hari,” ujarnya kepada Radar, Sabtu (13/5).

Disebutkan, lomba yang digelar oleh SMK Syafii Akrom melibatkan siswa dari jenjang TK/PAUD dan SMP/MTs, serta masyarakat umum. Lomba baris-berbaris diikuti oleh siswa dari SMP/MTs di Pekalongan dan sekitaranya, sedangkan lomba mewarnai diikuti oleh siswa TK/PAUD di sekitar.

Sementara festival band diikuti pelajar dari berbagai jenjang. Lomba fashion show dan SMK Oto Contest modifikasi motor diikuti oleh pelajar dan masyarakat umum.

Menurut Hamzah, peringatan Harlah sengaja melibatkan pelajar dari berbagai jenjang dan masyarakat umum sebagai salah satu bentuk sosialisasi sekolah. Selain lomba-lomba, SMK Syafii Akrom juga menggelar servis hemat bersama Nasmoco Pekalongan serta acara SMK Bersholawat bersama Habib Ali Zainal Abidin dan Azzahir.

“Kami ingin mengenalkan kepada masyarakat kondisi real di sini, SMK yang berbasis pesantren dengan fasilitas-fasilitas yang kita punya. Karena selain untuk memperingati harlah, kita juga ingin memberikan sosialisasi kepada masyarakat luas,” lanjut Hamzah, sapaan akrabnya.

Hamzah mengungkapkan, tahun ini SMK Syafii Akrom akan membuka 15 rombongan belajar untuk penerimaan siswa baru tahun ajaran 2018/2019. Jumlah tersebut terbagi ke dalam lima jurusan, yaknni Teknik Kendaraan Ringan, Teknik Sepeda Motor, Teknik Komupter dan Jaringan, Busana Butik, dan Rekayasa Perangkat Lunak.

Sementara itu, Kepala SMK Syafii Akrom Wahyudi mengungkapkan, dengan peringatan harlah ke-14 ini dirinya berharap SMK akan lebih maju, lebih fokus pada mutu pendidikan, dan bisa meluluskan alumni yang mempunyai prestasi membanggakan.

“Alhamdulillah kegiatan berjalan dengan lancar sejak awal pengajian, tahtiman, mengirim doa kepada para ulama dan pendiri, sampai pada pembukaan dan lomba-lomba,” tutur Wahyudi.

Melalui peringatan harlah ke-14, Wahyudi bertekad untuk membentuk siswa sesuai visi SMk yakni Menciptakan generasi muda yang profesional, mandiri, dan berakhlakul karimah melalui perpaduan Iman Taqwa dan Iptek. Lulusan juga diharapkan mempunyai ghirah atau semangat dalam menghadapi kehidupan di masyarakat dengan kompetensi yang kuat.

“Kita punya visi, di samping mereka profesional dengan kompetensi masing-masing, mandiri dengan jiwa kewirausahaan yang kita ajarkan kepada mereka, penekanan pada akhlakul karimah dengan keimanan dan ketakwaannya, ilmu pengetahuan dan teknologi,” tandas Wahyudi. (adv/mg6)

Penulis: Fakhrun Nisa | Radar Pekalongan
Redaktur: Dalal Muslimin

Facebook Comments