Radar Pendidikan

Bacakan Buku untuk Anak

Paud Kawula Mentari

MEMBACAKAN – Para orang tua murid membacakan anak mereka aneka buku, untuk menumbuhkan minat literasi anak sejak dini.
NOVIA ROCHMAWATI / RADAR PEKALONGAN

*Paud Kawula Mentari

BATANG – Paud Kawula Mentari mulai menerapkan kegiatan Gernasbaku di sekolahnya sebagai komitmen atas launching Gernasbaku di Kabupaten Batang beberapa waktu lalu. Kegiatan ini seperti terlihat beberapa waktu lalu, Rabu (9/5).

Terlihat para orang tua sangat antusias membacakan buku pada anaknya. Salah satunya Suliyanah, yang membacakan buku cerita untuk anaknya, Putri. Sejak adanya gerakan ini, ia termotivasi dan bersemangat untuk membacakan cerita untuk anaknya.

“Sebelumnya saya sudah melakukan kebiasaan ini. Hanya memang tidak rutin, sesuai dengan kondisi. Tapi semenjak ada Gernasbaku saya selaku ibunya lebih semangat. Apalagi kalau anak saya yang minta dibacakan buku terlebih dulu. Saya makin semangat,” terangnya.

Sementara itu Kepala Paud Kawula Mentari Batang, Hanik Tri W SPd AUD, menuturkan pihaknya berusaha untuk menjaga komitmen gerakan Gernasbaku. Pasalnya gerakan ini banyak memberikan manfaat bagi pendidikan anak usia dini. Selain itu, dapat pula mempererat jalinan antar orang tua dan anak.

“Pelaksanaan Gernasbaku di Paud kami kami lakukan dua kali. Artinya juga dilakukan di Paud, dan juga dilakukan di rumah. Setelah selesai KBM para orang tua diminta untuk meluangkan waktunya membacakan buku di sekolah. Setelah pulang pun di malam hari mereka masih mampunyai tugas untuk membacakan anaknya buku,” imbuh Hanik.

Pihaknya berharap kegiatan Gernasbaku ini mampu merangsang anak-anak untuk menggemari literasi sedari dini. Sehingga ketika dewasa nanti anak sudah tidak asing dengan buku. Dan anak semakin ingin menggali lebih dalam aneka ilmu pengetahuan yang ada dari buku.

“Kami harap dengan ini dapat menstimulasi keingintahuan anak pada buku. Sehingga dapat mengembangkan daya literasi mereka. Terlebih saat dewasa nanti. Kami juga percaya orang tua mendukung gerakan ini, jadi kami harap orang tua bisa menerapkannya juga di rumah. Sehingga anak terbiasa dan ketika dewasa sudah berbudaya literasi,” tandasnya. (nov)

Penulis: Novia Rochmawati | Radar Pekalongan
Redaktur: Dalal Muslimin

Facebook Comments