Radar Pendidikan

Drumband dan Atraksi Meriahkan Pelepasan Siswa RAM Muslimat Kadipaten

RAM Muslimat Kadipaten

PELEPASAN – Kegiatan pelpasan siswa kelas B RA Muslimat NU Kadipaten, Sabtu (12/05).
EKA ISDITYA / RADAR PEKALONGAN

WIRADESA – Raudlatul Athfal (RA) Muslimat NU Kadipaten Kecamatan Wiradesa baru saja menggelar kegiatan pelepasan siswa kelas B di Aula Balai Desa Kadipaten, Sabtu (12/05). Beragam penampilan dan aksi siswa dipertunjukkan dalam kegiatan tahunan tersebut.

Kepala RA Muslimat NU Kadipaten, Sri Ranti SPd AUD, mengungkap ada sebanyak 61 siswa yang dilepas dalam kegiatan pelepasan tahun 2018 ini. “Sebenarnya kegiatan perpisahan ini adalah kegiatan tahunan, tapi karena kami selang-seling antara piknik dan perpisahan jadi jika ada piknik maka perpisahan cukup sederhana. Kebetulan tahun ini kami buat acara yang cukup meriah dan pertama kalinya dilaksanakan di Balai Desa,” tuturnya kepada Radar Pekalongan, Sabtu (12/05).

Bu Sri, sapaan karibnya, juga menuturkan kegiatan dimulai dengan kirab drumband keliling Desa Kadipaten serta atraksi para siswa diatas drum. “Baru setelah itu kami mulai acara seremonialnya di Balai Desa,” imbuhnya.

Beragam penampilan dan aksi siswa juga tak ketinggalan untuk memeriahkan acara, diantaranya penampilan Gerak dan Lagu, Tari Kreasi Islami, Aksi Pildacil, Hafalan Asmaul Husna, Hafalan Hadits-hadits Pendek, Paduan Suara, hingga Tartil oleh seluruh siswa kelas RA A dan RA B. “Untuk tampil ini alhamdulillah kami adakan latihan rutin, jadi karena sudah menjadi kegiatan pembiasaan dan beberapa juga memang siswa yang sebelumnya sudah tampil saat lomba,” jelasnya.

Pihaknya mengaku tidak ingin memaksa siswa dengan ketatnya jadwal latihan dan persiapan, pasalnya mereka ingin melayani siswa sesuai dengan minat bakat masing-masing. “Seperti misalnya untuk drumband, kami latihan rutin satu minggu sekali tanpa harus latihan full. Karena kami menghindari siswa yang kemudian stres atau jenuh. Dan alhamdulillah mereka tampil maksimal,” ujar Bu Sri.

Hal tersebut dibuktikan dengan adanya penampilan serta atraksi oleh para siswa yang cukup mengundang decak kagum para hadirin yang terdiri dari para Orang Tua/Wali, Pengawas RA Kecamatan Wiradesa, Pengurus RA, Kepala Desa beserta jajarannya, Kepala SD/MI dan MTs sekitar, serta Tim Penggerak PKK Desa Kadipaten Kecamatan Wiradesa.

Diceritakan pula, meski sang pelatih Tim Drumband RA Muslimat Kadipaten mengungkap kesiapannya untuk membawa para siswa dalam ajang kompetisi, pihaknya belum berfokus dalam lomba atau kompetisi. “Untuk sekarang ini belum, karena latihan Drumband ini tujuannya untuk menyalurkan minat bakat dan menumbuhkan perasaan senang ketika siswa memainkannya. Tapi Insya Allah nanti tetap akan kami pertimbangkan untuk event lomba mendatang,” tandasnya. (mg5)

Penulis: Eka Isditya | Radar Pekalongan
Redaktur: Dalal Muslimin

Facebook Comments