Radar Jateng

Penjagaan Nusakambangan Diperketat

Penjagaan Nusakambangan Diperketat

BELASUNGKAWA – Kapolda Jateng Irjend Pol Condro Kirono memberikan penghormatan terakhir bersama jajaran di rumab duka almarhum Fandy Setya Nugraha.
Wiwid Arif/Magelang Ekspres

MAGELANG – Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Condro Kirono memperkuat penjagaan Lapas Nusakambangan pascapemindahan narapidana kasus terorisme yang terlibat kerusuhan di Mako Brimob Kelapa Dua Depok Jawa Barat, belum lama ini.

“Sebanyak 155 napi teroris Mako Brimob sudah dipindahkan ke Lapas Nusakambangan. Polda Jateng mengerahkan dua SSK Brimob kemudian sepanjang jalur dari Brebes, Banyumas, dan Cilacap menuju ke Nusakambangan,” katanya saat berkunjung ke Magelang

Condro menjelaskan, Satwil juga menggelar kekuatannya dipimpin langsung oleh Karo Ops, Kasat Brimob, Dirintel, dan Kabid Pripam sudah berada di sana. Hingga kini, katanya, belum bisa dipastikan kapan penarikan pasukan dilakukan.

“Kemarin sudah berangkat, sudah sampai di lokasi,” ujarnya.

Terkait dengan kesiapan rutan Lapas Nusakambangan, Condro menegaskan bahwa pihaknya dari 2 SSK Brimob akan dikomunikasikan dengan Kanwil Kumham yang ada, baik dari Polda maupun yang sudah berada di Lapas Nusakambangan.

“Kita juga akan atur, berapa personel yang akan di-BKO-kan di Lapas. Mereka juga bersama-sama dengan personel petugas Lapas yang ada di Nusakambangan,” tutur Condro.

Pada saat berkunjung ke rumah duka, Fandy Setya Nugroho di Sanden, Kramat Selatan, Magelang Utara, Condro juga mengucapkan bahwa Polri dan seluruh keluarga Besar Polda Jateng tentunya merasa kehilangan dengan putra terbaik Polri, sekaligus anggota terbaik dari Densus 88.

Dari kelima korban personel kepolisian, empat di antaranya berasal dari Jateng.

“Satu dimakamkan di TMP Bumiayu dan saya sebagai Inspektur Upacara, dan dua di Kebumen inspektur upacara Wakapolda. Sedang di Magelang oleh Irwasda,” ungkapnya.

Condro mengaku semua pihak sangat prihatin dengan insiden tersebut. Meski sebagai anggota kepolisian risiko profesi selalu ada. “Kami tidak akan gentar. Menjadi anggota Polri dan akan terus memberantas kejahatan terorisme dan kejahatan-kejahatan lainnya,” imbuhnya.

Kasubag Humas Polres Magelang Kota, AKP Esti Wardiani mengungkapkan bahwa almarhum Brigadir Polisi Anumerta Fandi Setya sebenarnya diusulkan di makamkan di TMP Giriloyo. Namun atas permintaan keluarga, almarhum dimakamkan di TPU setempat, Kamis (10/5). (eks)

Facebook Comments