Neutron Yogyakarta
Radar Bisnis

Miliki Ratusan Bisnis Kecil dan Mikro

Slamet Riyanto Bsc

Owner Soto Semarang Slamet Ragil, Slamet Riyanto Bsc.

Pengusaha asal Semarang, Slamet Riyanto Bsc, mempunyai lebih dari 110 cabang Soto Semarang se-Indonesia dengan sistem kemitraan tanpa royalti fee, franchise fee, dan kontrak seumur hidup. Sebagai pegiat bisnis, Slamet, sapaan akrabnya sering menjadi pembicara dalam seminar kewirausahaan tingkat nasional.

Menjadi seorang pembicara tentu saja berbekal dari pengalaman hidup dan kesuksesan yang telah ia lampaui. Banyak penghargaan yang Slamet dapatkan mulai dari juara festival kupat tahu Magelang, Indonesia Man Career Of The Year 2014, warung makan dengan cabang terbanyak di seluruh Indonesia, dan masih banyak puluhan penghargaan yang didapatkan.

Lulusan Akademi Farming ini hampir 20 tahun bekerja di perusahaan multinasional. Seusai itu ia putuskan mulai berwirausaha. Berbekal ketekunan dan kemahirannya dalam marketing, membawanya sukses dalam usaha kuliner.

Awal Mei 2018 Slamet telah melaunching cabang ke 113 Soto Semarang bertempat di Jalan Cepmpaka Kota Pekalongan. Kesuksesan semata-mata tak membuatnya tinggi hati, ia selalu berusaha untuk peduli dengan anak yatim. Bahkan untuk royalti yang seharusnya didapat tak pernah diambil.

“Saya berpesan kepada mitra saya, seandainya usaha ini berjalan lancar dan mendapat keuntungan, tak perlu memberikan royalti kepada saya. Berikanlah kepada anak-anak yang membutuhkan di sekitarnya,” terang Slamet.

Pria yang berusia 59 tahun ini masih segar bugar, gerakannya masih cekatan. Di tengah-tengah kesibukannya menekuni usaha ia masih ingin berbagi ilmu jika ada orang yang ingin belajar dengannya. Slamet mengaku menjadi dosen terbang ke berbagai perguruan tinggi untuk membagikan ilmunya. Bagi Slamet hidupnya harus bermanfaat untuk orang lain.

“Jangan takut memulai, jangan takut gagal, jangan takut pensiun, jangan takut di-PHK, jangan lama-lama jadi karyawan. Kini saatnya mandiri dan usaha sendiri. Jadilah raja kecil daripada kuli besar,” ujar Slamet. (mg4)

Facebook Comments