Radar Tegal

Bentor dan Vespa Modifikasi Dimusnahkan

Bentor dan Vespa Modifikasi Dimusnahkan

ANCAM KESELAMATAN: Sejumlah bentor, Vespa tak sesuai spesifikasi, hingga knalpot grong dimusnakan Satlantas Polres Grobogan kemarin.
INTAN M SABRINA/RADAR KUDUS

PURWODADI – Baru lima hari pelaksanaan Operasi Patuh Candi, Polres Grobogan bersama Dinas Perhubungan (Dishub) dan BPBD berhasil menertibkan becak motor (bentor) dan Vespa modifikasi yang tidak sesuai spesifikasi. Hasil penertiban tersebut kini dimusnahkan di halaman Satlantas Polres Grobogan.

Pemusnahan tersebut dikarenakan penggunaannya membahayakan pengendara maupun orang lain. Berbagai barang yang dimusnahkan antara lain 10 bentor, lima Vespa modifikasi, 28 ban kecil nonstandar, hingga 21 knalpot grong. Pemusnahan dilakukan dengan cara memotong-motong rangka menggunakan alat pemotong besi.

“Tindakan yang dilakukan kepada pelanggar, untuk bentor kami turunkan mesinnya lalu dikembalikan ke fungsi semula. Sedangkan untuk Vespa, kami potong menjadi beberapa bagian agar tidak dipakai kembali. Selanjutnya mesin kami kembalikan ke pemiliknya,” jelas Kapolres Grobogan AKBP Choiron El Atiq.

Bahkan untuk pelanggaran knalpot grong, petugas langsung memotong menjadi beberapa bagian. Adapun untuk ban yang tidak sesuai spesifikasi atau berukuran kecil, langsung dihanguskan.

Menurutnya, keberadaan Vespa hingga bentor yang tidak sesuai spesifikasi dan peruntukannya ini sangat membahayakan. “Kalau bentor kan penumpang ada di depan, sementara pengemudi di belakang. Sehingga kalau ada kecelakaan akibatnya fatal bagi penumpang,” tegasnya.

Sementara untuk Vespa modifikasi, menurutnya tak ada yang sesuai spesifikasi. Mulai dari ceper hingga melebar. Bahkan dari segi keamanan juga sangat membahayakan. Apalagi dikendarai banyak orang dalam satu kendaraan tersebut.

“Dengan adanya pemusnahan ini, diharapkan masyarakat sadar akan keselamatan saat berkendara dan kami mengimbau agar pengguna jalan bisa selalu berperan aktif menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas,” ujarnya. (int/aji)

Facebook Comments