Radar Batang

Kembangkan Command Center, Bupati Batang Minta Dukungan Dewan

Command Center

KUNJUNGAN – Bupati Batang Wihaji menerima kunjungan kerja Komisi D DPRD Batang ke ruang command Center.
M Dhia Thufail

BATANG – Ruang Command Center milik Pemerintah Kabupaten Batang yang dinamai ruang Abirawa membutuhkan dukungan untuk bisa dikembangkan. Karena saat ini, fasilitas yang ada dirasa belum mencukupi.

“Kabupaten Batang saat ini memang sudah memiliki Command Center mini, meski teknologi yang ada termasuk masih sederhana dengan ruang yang tidak terlalu besar,” ujar Bupati Batang Wihaji saat menerima kunjungan kerja Komisi D DPRD Kabupaten Batang, belum lama ini.

Oleh karenanya, Bupati berharap, Pemkab Batang bisa membuat Command Center yang lebih bagus dengan teknologi canggih yang peruntukan dapat untuk mengetahui beberapa informasi.

“Command Center mini ini merupakan teknologi sederhana yang menjadi ikon dalam mendukung pelayanan, beberapa teknologi bagian dari pelayanan kita yang tentu isinya macam-macam khususnya software yang ditampilkan,” katanya.

Di Command Center, kata Bupati, dapat dilihat informasi apapun. Seperti santunan kematian, bisa dilihat data saat sekarang atau per hari misal ada berapa yang meninggal dan yang sudah menerima santunan lengkap dengan datanya.

“Selain itu, melalui Commant Center ini kita juga bisa mengetahui terkait e-budgeting, e-planing, e-hibah, dan lain sebagainya, termasuk apirasi dewan juga bisa dilihat di Command Center tersebut,” terangnya.

Untuk itu, Wihaji meminta dukungan dari dewan untuk bisa mendukung pengembangan Command Center terkait program-program tahun 2018 sampai dengan 2022.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Batang, Jamal Abdul Naser menyampaikan bahwa pembangunan Command Center tidak melalui lelang melainkan melalui e-katalog dengan nilai Rp 1,1 Miliar.

“Desain interior dari Commant Center sendir kita padukan antara batik batangan yang disertai tombak Abirawanya dengan video world dan data pendukung lainnya,” jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris Komisi D DPRD Batang, Teguh Lumaksono mengatakan, keberadaan Command Center sangat penting untuk mendukung visi dan misi Bupati Batang yakni Smart City.

“Kami juga ingin mengetahui ke depan mungkin di tahun 2018 atau 2019 untuk pembangunan Command center, apa yang sudah direncanakan oleh Dinas Komunikasi dan informatika terutama untuk penganggarannya. Sehingga nanti di ranah kami komisi D bisa menselaraskan apa yang menjadi tujuan Dinas Kominfo ini agar jalan antar dinas dan komisi D selaku mitra kerja itu bisa saling mendukung,” tandasnya. (fel)

Facebook Comments