Radar Pendidikan

Berbagi Semangat Belajar ke Pelosok Batang

Berbagi Semangat Belajar ke Pelosok Batang

BAKTI SOSIAL – Alumni SMPN 3 Batang yang tergabung dalam Cikal saat menggelar kegiatan baksos si sekolah terpencil Batang, SDN Gerlang dan SMPN 4 Blado, Sabtu (21/4).
NOVIA ROCHMAWATI / RADAR PEKALONGAN

BATANG – Alumni SMPN 3 Batang yang tergabung dalam Cah Ikatan Keluarga Alumni (CIKAL) menggelar kegiatan Bakti Sosial di kawasan SD–SMP SATAP, SDN Gerlang dan SMPN 4 Blado, Gerlang, Batang, Sabtu (21/4).

Kegiatan bakti sosial ini dilakukan untuk mendorong dan berbagi semangat belajar ke pelosok Batang. Sebagai wujud kepedulian mereka untuk mendorong pendidikan setara untuk masyarakat Batang.

Dalam kegiatan tersebut, pihaknya memberikan bantuan buku bacaan, buku tulis, serta alat tulis kepada SD dan SMP SATAP. Bantuan ini merupakan donasi langsung oleh para alumni SMPN 3 Batang serta donatur. Selain memberikan bantuan buku dan alat tulis, pihaknya juga mengajak para siswa untuk bermain sambil belajar dan dibarengi pemberian motivasi.

“Alhamdulillah terlaksana juga bakti sosial Cikal ke SD-SMP Satap di kawasan Gerlang ini. Tak hanya donasi melalui buku, alat tulis dan lainnya, kami juga memberikan semangat dan motivasi pada mereka sambil bermain. Kami harap kegiatan ini dapat menjadi wadah mendorong semangat belajar mereka. Artinya meski mereka berada di daerah pelosok tapi mereka tak boleh kalah dan harus lebih semangat dari yang ada di Kota,” terang Ketua Panitia Kegiatan, Anggita Juniar L didampingi Rizkika W, Senin (23/4).

Dijelaskan, Cikal mengadakan permainan untuk adik–adik SD dan SMP. Seperti estafet kelereng, estafet rafia, estafet air bola pingpong, dan lainnya. Di setiap permainan yang diikuti oleh adik–adik, mereka yang dapat memenangkan lomba tersebut diberi penghargaan berupa makanan ringan.

Selain permainan, Cikal juga mengadakan senam bersama adik–adik kelas 3-5, serta kelas 7 dan 8. Sedangkan kelas 1 dan 2 diisi dengan tata cara mencuci tangan dengan baik dan benar. Selain itu, ada juga permainan yang mengasah otak untuk kelas 1 dan 2 seperti gerakan memegang hidung dan telinga secara bersamaan dengan diiringi lagu Fini Fini Fana Fana.

“Kami juga latih mental mereka untuk tampil di depan umum. Seperti dengan melakukan tanya jawab dan lainnya. Alhamdulillah respon mereka baik. Dan perlahan-lahan mereka juga semakin percaya diri. Kami berharap meski bantuan ini tidak seberapa tapi dapat bermanfaat. Dan kami juga berterima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu kami menyelenggarakan baksos ini,” tandas Anggita. (nov)

Penulis: Novia Rochmawati | Radar Pekalongan
Redaktur: Dalal Muslimin

Facebook Comments