Radar Kendal

Eksekusi Rumah Warga Dapat Penolakan

Eksekusi Rumah Dapat Penolakan

DIEKSEKUSI – Pemilik rumah menolak saat petugas akan melakukan pengosongan dua rumah di Desa Sumber Sari, Kabupaten Kendal yang terkena pembangunan jalan tol, Senin (23/4).
NUR KHOLID MS / RADAR PEKALONGAN

*Upaya Pembebasan Lahan Tol

KENDAL – Dua rumah di Desa Sumber Sari, Kabupaten Kendal, dan lahan pertanian seluas 700 meter persegi, dieksekusi, Senin (23/4). Hal itu sebagai upaya pembebasan lahan pembangunan Tol Batang-Semarang. Eksekusi dengan menggunakan alat berat serta mendapatkan pengamanan ketat polisi dan TNI. Eksekusi sendiri mendapat penolakan dari pemilik rumah dan berusaha mempertahankan, namun eksekusi tetap berlanjut. Pihak kepolisian serta waskita tetap melakukan pengosongan perabotan, sementara dua bidang rumah di gusur dengan alat berat.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Tendi Hendiarto mengatakan, jika eksekusi yang dilakukan telah sesuai prosedur, pemberian kesempatan telah diberikan oleh pengadilan selama tujuh hari termasuk pemanggilan. “Secara aturan eksekusi ini sudah benar, terkait pembayaran juga kita sudah titipkan di pengadilan. Pengadilan memanggil merekapun tidak ada tanggapan akhirnya kita beri waktu tujuh hari untuk pengosongan juga tetap tidak dilakukan. Kita terpaksa melakukan eksekusi lahan dengan alat berat ini,” kata dia.

Penolakan yang dilakukan oleh pemilik rumah dikarenakan harga yang dinilai tidak sesuai. Pemilik rumah Kasipan serta anak dan istri hanya bisa melihat rumah mereka di rubuhkan. Disisi lain pihak Panitra Soedi menyebut bahwa pemilik rumah telah tidak menghadiri panggilan sebanyak 4 kali sejak bulan Februari sampai 12 april. “kita sudah upayakan melakukan pemanggilan pemilik rumah dan tidak hadir, setidaknya 4 kali kita sudah lakukan, bahkan sejak penawaran konsinyasi kami datang tidak pernah kooperatif,” kata Soedi. (nur)

Penulis: Nur Kholid Ms
Redaktur: Widodo Lukito

Facebook Comments