Radar Kendal

15 Dari 1800 Keluarga Penerima Manfaat di “Wisuda”

15 Dari 1800 Keluarga Penerima Manfaat di Wisuda

WISUDA – Acara wisuda 15 anggota KPM Kecamatan Singorojo.
AKHMAD TAUFIK / RADAR PEKALONGAN

KENDAL – Dinas Sosial minggu (22/4) menghadiri acara tasyakuran dan wisuda 15 Anggota Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Kecamatan Singorojo, bersamaan dengan itu digelar pula gerakan minum susu bagi 500 anak-anak. Perlu diketahui bahwa di Kecamatan Singorojo ada 1800 KPM yang masuk dalam kategori keluarga miskin. Acara tersebut berbarengan dengan peringatan Hari Kartini sehingga KPM yang hadir turut meramaikan dengan berbusana ala Kartini lengkap dengan kebaya dan jariknya, hal tersebut menjadi nilai positif karena ditengah-tengah keterbatasan KPM masih semangat untuk merayakan Hari Kartini.

Sekertaris Dinas Sosial Kabupaten Kendal, Alfebian Yulando, ST., MA mengatakan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi dengan adanya 15 anggota KPM yang diwisuda artinya 15 KPM tersebut sudah tidak masuk daftar penerima bantuan sehingga secara ekonomi sudah dianggap mampu. Meskipun jumlahnya terbilang sedikit namun pihaknya tetap memberikan apresiasi setinggi-tinggi karena 15 KPM yang diwisuda secara ikhlas untuk tidak lagi menerima bantuan.

“Ini perlu menjadi contoh bagi KPM yang lain, harus menjadi motivasi karena biasanya orang selalu minta bantuan namun ini berbeda ketika sudah dianggap mampu dengan ikhlas untuk tidak mendapat bantuan lagi serta siap hidup mandiri. Tentunya kami sangat mengapresiasi sekali dengan adanya 15 KPM yang diwisuda,” ungkapnya.

Meski demikian, Febi sapaan akrabnya menambahkan bahwa masih banyak pekerjaan rumah bagi Dinas Sosial dan anggota PKH karena di Kabupaten Kendal masih ada keluarga miskin sebanyak 75.000 orang yang masuk dalam daftar KPM. Pihaknya pun berharap wisuda tersebut merupakan langkah awal yang bagus, awalnya 15 kedepan 30 selanjutnya 100 orang. Menurutnya sedikit tidak masalah daripada tidak sama sekali, ia pun berharap semangat hidup mandiri masyarakat Kabupaten Kendal semakin tinggi.

“Segala hal itu diawali dari yang kecil atau sedikit, kami yakin kedepan akan lebih banyak lagi anggota KPM yang akan diwisuda meskipun bertahap namun setidaknya sudah ada daripada tidak ada sama sekali,” pungkasnya.(fik)

Penulis: Akhmad Taufik
Redaktur: Widodo Lukito

Facebook Comments