Radar Pendidikan

Pasar Raya, Jiwa Wirausaha

SDIT Luqman Al Hakim

GELAR – SDIT Luqman Al Hakim menggelar kegiatan Pasar Raya dengan pameran produk dan bincang bisnis, Sabtu (21/4).
FAKHRUN NISA / RADAR PEKALONGAN

*SDIT Luqman Al Hakim

KOTA – Dalam rangka menumbuhkan jiwa wirausaha anak didik, SDIT Luqman Al Hakim menggelar kegiatan Pasar Raya pada Sabtu (21/4). Kegiatan ini diisi dengan pameran produk dan bincang bisnis dengan tema Menumbuhkan Skill Enterpreneurship melalui Ekonomi Syariah. Siswa terlibat dalam melayani dan bertransaksi jual beli dalam stan produk.

Kepala SDIT Luqman Al Hakim Surati menuturkan, pasar raya merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun. Tahun ini, pihak sekolah mengajak orang tua untuk terlibat langsung dengan menjual produk usahanya di stan yang telah disediakan.

“Alhamdulillah orang tua antusias dengan menjual produk mereka di sini. Ini menjadi tahun pertama kami melibatkan produk orang tua. Karena mereka mempunyai produk usaha, maka kami fasilitasi dengan membuat pameran produk,” ujarnya kepada Radar, Sabtu (21/4).

Dijelaskan, terdapat 12 stan dalam pameran produk yang antara lain berisi makanan, pakaian, buku, dan sebagainya. Menurut Surati, pameran produk ini sekaligus untuk mendukung usaha orang tua dengan menjadi konsumen produknya. Bagi siswa, pameran produk ini dapat melatih siswa untuk berjualan dan melihat peluang.

“Yang melayani pembeli adalah siswa, jadi mereka juga belajar mengenai keluar masuknya uang serta melatih anak untuk berkomunikasi dengan baik. Kami ingin memberikan penanaman yang utuh tentang skill enterpreneurship sejak dini,” jelasnya.

Sementara itu, bincang bisnis yang diikuti oleh orang tua dan masyarakat umum menghadirkan tiga pembicara, yakni Kepala Disperindagkop dan UKMK Pekalongan, Pemilik Danish, dan Pemilik Nafsa Fashion. Surati mengungkapkan, bincang bisnis ini membahas seputar pengelolaan bisnis syariah sesuai aturan-aturan yang berlaku.

“Kami berharap tahun depan kegiatan ini bisa dilakukan setiap enam bulan sekali atau setahun dua kali. Karena ternyata orang tua sangat antusias dan mendukung kegiatan ini,” pungkas Surati. (mg6)

Penulis: Fakhrun Nisa
Redaktur: Dalal Muslimin

Facebook Comments