Radar Pendidikan

SD Muhammadiyah Paesan Ajak Siswa Selamatkan Lingkungan

SD Muhammadiyah Paesan

MENANAM – Siswa SD Muhammadiyah Paesan diajak untuk menanam padi dalam kegiatan field trip, Rabu (11/4).
FAKHRUN NISA / RADAR PEKALONGAN

KEDUNGWUNI – SD Muhammadiyah Paesan mengajak siswa untuk menyayangi dan menyelamatkan lingkungan dengan menggelar kegiatan Praktek Pembelajaran Langsung (PPL) dan field trip pada Rabu (11/4). Dengan mengangkat tema “Sayangi sekitarmu, Selamatkan lingkunganmu”, siswa diajak untuk berkunjung ke dua tempat, yakni Budidaya Ikan milik Warsono Ambokembang dan Desa Wisata Pandansari.

Guru kelas 2, Rizky Ayu Savarina, menuturkan, kegiatan diikuti oleh 57 siswa kelas 2 dan didampingi empat guru. Menurutnya, kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan siswa tentang perawatan hewan, tumbuhan, serta melatih siswa agar mampu bekerja sama dalam kelompok.

“Di budidaya ikan, siswa diajarkan untuk merawat hewan, mulai dari memberi makan ikan, membersihkan kolam ikan, hingga cara memisahkan ikan dari satu kolam ke kolam lain untuk diambil bibitnya,” ujarnya kepada Radar, Jumat (13/4).

Sementara itu, di Desa Wisata Pandansari, siswa diajak untuk merawat tumbuhan dengan menanam padi dengan benar. Proses penanaman padi dimulai dari siswa perempuan dengan membentuk barisan di pematang sawah, kemudian mereka turun ke sawah dan mulai menanam padi dengan posisi sejajar dan rapi.

“Setelah siswa perempuan selesai menanam padi, mereka berjalan mundur agar tidak menginjak padi yang telah ditanam, lalu diikuti oleh siswa laki-laki untuk menanam ditanah yg belum ditanami padi,” lanjut Rizky, sapaan akrabnya.

Rizky menjelaskan, selain mengajari tentang cara merawat hewan dan tumbuhan, siswa juga diajak untuk outbound bersama dan melakukan beberapa permainan, diantaranya estafet air, estafet holahop, merayap, dan tubing.

“Melalui kegiatan ini kami berharap agar para siswa memiliki pengatahuan dan keterampilan tentang cara merawat hewan dan tumbuhan dengan yang baik dan benar, serta tumbuh semangat saling bekerjasama dalam kelompok,” harap Rizky. (mg6)

Penulis: Fakhrun Nisa | Radar Pekalongan
Redaktur: Dalal Muslimin

Facebook Comments