Radar Kendal

Ulat Bulu Ancam Pemukiman

Ulat Bulu Ancam Pemukiman

MENYERANG – Ribuan ulat bulu menyerang area perkebunan warga di Dusun Tapak, Desa Kedunggading, Kecamatan Ringinarum.
NUR KHOLID MS / RADAR PEKALONGAN

*Saat Ini Sarang di Empat Titik

KENDAL – Masih ingat dengan hama ulat bula yang menyebar ke pemukiman beberapa tahun lalu? Ya, hal itu mengancam akan terjadi lagi. Saat ini, ribuan ulat bulu yang semula di pinggiran sungai, saat ini sudah masuk ke perkebunan dekat pemukiman warga. Bahkan, tercatat ada tempat sarang pertumbuhan ulat bula tersebut.

Pantauan Radar, ribuan ulat bulu terlihat menempel di pohon. Dikhawatirkan ulat tersebut masuk kepermukiman warga. Sebagai antisipasi, pemerintahan desa melakukan pemusnahan dengan cara membakar sarang ulat bulu. Proses pembakaran dilakukan pada bagian sarang yang berada dibawah, sedangkan pada bagian atas akan dilakukan penyemprotan. Ada kemungkinan pohon akan ditebang apabila mangalami kesulitan. Jika masih mengkhawatirkan, pihak desa akan melaporkan serangan ulat bulu kepada dinas terkait.

Hal itu dibenarkan Rohani, warga Dusun Tapak. Kata dia, sudah tiga hari ribuan ulat bulu itu bersarang di pohon perkebunan. Warga tak berani mendekat takut gatal. Ulat bulu itu sudah merambat hingga bagian pohon yang tinggi yang sulit dijangkau. Dikawatirkan, ulat bulu itu berterbangan saat di tiup angin sehingga membuat gatal-gatal.

“Kalau dibiarkan bisa merambat ke rumah-rumah, anak-anak juga saya minta tidak bermain di kebun,” kata dia, Senin (16/4)

Berdasarkan laporan warga, ada 4 titik sarang ulat bulu, dan 1 titik lokasi berdekatan dengan permukiman. Untuk di RT 6, saat ini masih berada di pinggiran sungai. “Namun ada 1 titik yang mulai dekat dengan rumah warga” kata Budiyono, Kades Kedunggadin.(nur)

Penulis: Nur Kholid Ms | Radar Pekalongan
Redaktur: Widodo Lukito

Facebook Comments