Radar Pendidikan

MI Salafiyah Kauman Optimalkan PPDB

MI Salafiyah Optimalkan PPDB

BELAJAR – Suasana belajar siswa MI Salafiyah Kauman.
EKA ISDITYA / RADAR PEKALONGAN

WIRADESA – Dalam menyongsong tahun ajaran baru 2018/2019, MI Salafiyah Kauman mulai bersiap dan menggelar serangkaian kegiatan dalam program Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).

Salah satu cara yang dilaksanakan oleh MI Salafiyah Kauman ialah melalui sosialisasi ke sekolah-sekolah PAUD serta TK di Desa Kauman dan sekitarnya. Sebagai salah satu sekolah tingkat dasar di bawah naungan Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Al Amin Kauman, pihaknya menggandeng para jama’ah untuk mempercayakan pendidikan putra-putrinya di YPI Al Amin.

“Iya kami datang ke TK-TK, kami sosialisakan program yang ada. Kemudian yang juga kami lakukan adalah sosialisasi ke jam’iyyah,” tutur Kepala Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah (MIS) Kauman, Mohammad Zainul Arifin S Pd I, kepada Radar Pekalongan, ketika ditemui di kantornya.

Para Nahdliyin atau jam’iyyah Nahdlatul Ulama’ di sekitar Kecamatan Wiradesa menjadi bidikan MI Salafiyah Kauman. “Alhamdulillah masyarakat sekitar sini masih mempercayakan pendidikan disini, karena yang kami tekankan tidak hanya pelajaran umum saja tapi juga pendidikan agama yang didalamnya juga ada nilai-nilai ke NU an,” ujar Arifin, sapaan karibnya.

Menurutnya, kepercayaan sebagai tempat sekolah kakak, orang tua, saudara, atau bahkan kakek nenek, menjadi salah satu faktor untuk menjaring peserta didik. Namun disisi lain, pihaknya juga tetap menyeimbangi dengan pembuktian eksistensi sekolah melalui prestasi.

Diungkap pula, persaingan sekolah tingkat dasar dengan basik yang berbeda di Desa Kauman cukup ketat. Desa Kauman memiliki 3 sekolah tingkat dasar dengan basik Sekolah Dasar Negeri, Muhammadiyah, dan Nahdlatul Ulama’ (NU). Kini pihaknya tengah dalam upaya meningkatkan eksistensi dan menjaga kepercayaan para jam’iyyah agar mempercayakan pendidikan putra-putrinya di MI Salafiyah Kauman. (mg5)

Penulis: Eka Isditya | Radar Pekalongan
Redaktur: Dalal Muslimin

Facebook Comments