Radar Bisnis

Banting Stir ke Bisnis Budidaya Walet

Agus Jamaludin Hakim SE

BERFOTO – Owner Perusahaan CV. Andromeda Multi Sarana, Agus Jamaludin Hakim SE.

BATANG – Sejak diberlakukannya pelarangan alat tangkap jenis Cantrang oleh Kementrian Kelautan dan Perikanan RI beberapa waktu lalu, membuat tak sedikit pengusaha yang bergerak di bidang perikanan mengalami penurunan omset.

Seperti yang dialami oleh satu diantara pengusaha es balok di Kabupaten Batang, Agus Jamaludin Hakim SE. Pasca aturan KKP itu mencuat, omset perusahaannya atau pabrik es balok yang menyuplai kebutuhan nelayan di wilayah Batang utara menurun drastis.

Oleh karenanya, saat ini Agus Jamaludin Hakim atau yang akrab dipanggil Mas Hakim kini memilih untuk banting stir. Tak tanggung-tanggung, usaha yang digelutinya sekarang ini sangat menjanjikan.

Putra daerah asal Batang ini sekarang menekuni bisnis bersama saudaranya, Agus Zudya Nugroho ST, sebagai Konsultan Budidaya Walet dan Owner Perusahaan CV Andromeda Multi Sarana di wilayah seluruh Indonesia.

Kendati masih tergolong baru sebagai Konsultan, namun tidak sedikit pengusaha walet yang didampinginya sudah berhasil dan sukses dari sekian gedung walet yang ditanganinya.

Sayangnya, para pengusaha walet yang didampinginnya itu berada di luar Jawa, seperti di Kalimantan, Sulawesi dan Sumatera.

Ayah dari 2 Anak ini mengatakan ingin berbagi kesuksessan seperti gedung walet yang ditanganinya di wilayah Jawa, khususnya wilayah Jawa Tengah. Karena menurutnya, masih banyak sekali lokasi yang potensial untuk bisa menjalankan bisnis ini.

“Di wilayah seluruh Indonesia ini masih banyak sekali potensi yang bisa dikembangkan untuk si liur emas sarang burung walet yang harganya terus naik dan memiliki nilai jual yang sangat tinggi. Karena kebutuhan sarang walet di dunia saat ini, pasokan dari Indonesia sangat mendominasi,” ujar Hakim.

Ia menambahkan, bagi para pemula yang ingin berinvestasi atau yang sudah mempunyai gedung walet tapi stagnant (lambat-red) dan bahkan gagal sekalipun, maka CV Andromeda Multi Sarana siap untuk menangani dan membantu menyukseskan gedung walet. Pria yang beralamat di Gringsing, Batang ini siap untuk memajukan usaha walet di Batang.

“Karena dengan niat yang benar, ilmu benar, dengan sebab benar maka hasilnyapun pasti benar. Salam Sukses dari CV Andromeda Multi Sarana,” pungkas Hakim. (mg4)

Penulis: Lailatul Mafiyah & Redaktur: Dalal Muslimin

Facebook Comments