Radar Batang

Relawan Diminta Mampu Pulihkan Psikologi Korban Bencana

Pelatihan Relawan

SAMBUTAN – Wakil Bupati Batang Suyono memberikan sambutan pada pembukaan pelatihan dukungan Psikososial Penanggulangan Bencana.
M Dhia Thufail

BATANG – Seluruh relawan yang tersebar di wilayah Kabupaten Batang, kini mempunyai tugas baru dalam memberikan pertolongan kepada korban yang mengalami musibah. Yaitu memulihkan psikologi seseorang pasca mengalami musibah.

Karena menurut Wakil Bupati Batang Suyono, dalam penanggulangan bencana, tugas dari para relawan tidak hanya sampai memenuhi kebutuhan dasar dan menyalurkan logistik saja. Melainkan juga harus memberikan pelayanan berupa pemulihan psikis dengan terapi melalui program trauma healing.

“Pemulihan atas dampak bencana ternyata tidak cukup hanya dengan memberi warga berupa bahan-bahan pokok, kebutuhan dapur dan alat-alat rumah tangga saja. Tetapi juga diperlukan kemampuan khusus untuk memulihkan suasana hati mereka,” ujarnya, usai membuka pelatihan dukungan Psikososial Penanggulangan Bencana di Hotel Dewi Ratih, Senin (16/4).

Oleh karenanya, melalui pelatihan yang diberikan diharapkan agar para relawan nantinya bisa mengetahui dan membekali diri dengan cara pendekatan secara psikososial kepada masyarakat yang terkena bencana pada pasca bencana.

Hal senada disampaikan oleh fasilitator tim BPBD Provinsi Jawa Tengah, Joko Supriyanto. Ia mengatakan, bahwa dalam penanggulangan bencana, korban tidak hanya memerlukan bantuan secara material saja, melainkan juga membutuhkan pertolongan untuk memulihkan psikologinya.

“Dalam penanggulangan bencana, psikososial juga sangat penting dilakukan pada pasca bencana. Sebab tidak hanya secara material atau fisikal saja, namun juga secara psikis pada satu sisi perlu dipulihkan. Cara memulihkan juga tidak boleh seadanya, namun harus dengan pendekatan agar pemulihan lebih baik dari keadaan semula,” terangnya.

Ia juga menambahkan bahwa pada pelaksanaannya relawan harus sama-sama bersinergi dengan menyamakan persepsi, diskusi pendekatan sehingga apa yang dilakukan bisa maksimal.

Sementara itu, Kepala BPBD Kabupaten Batang Ulul Azmi mengatakan, kegiatan pelatihan tersebut untuk menyiapkan tenaga yang mempunyai kapasitas dan kapabilitas dalam dukungan psikososial pasca bencana. Sehingga bilamana diperlukan dalam situasi darurat bisa langsung di terjunkan.

“Pelatihan ini untuk kesiapan relawan dalam dukungan psikososial untuk melakukan pendampingan baik diwilayah sendiri maupun diwilayah lain yang terkena bencana,” kata Ulul. (fel)

Penulis: M. Dhia Thufail & Redaktur: Dony Widyo

Facebook Comments