Radar Batang

Dipamerkan, Batik Rifaiyah Laris hingga Dibeli Bule

Batik Rifaiyah

PAMERKAN – Batik Rifaiyah Batang yang dipamerkan dalam Adi Wastra Nusantara Bekraf di JCC, 11-15 April kemarin.
NOVIA ROCHMAWATI

BATANG – Dua pengrajin batik muda asal Batang turut serta menjadi peserta pameran Adi Wastra Nusantara Bekraf di Jakarta Convention Centre 11-15 April. Dari sekitar 92 kain yang dibawa, lebih dari 45 batik terjual. Dan salah satunyam dibeli bule asal Amerika.

“Alhamdulillah, dari 92 batik yang dibawa dari Batang ada 45 potong kain yang sudah terjual. Dari 10 karya saya sudah sembilan kain yang terjual. Salah satunya batik tiga negeri motif Ila Ili dibeli oleh orang Amerika hingga Rp2 Juta,” terang salah satu peserta dari Batang, Nurul Maslahah saat diwawancarai Radar Pekalongan, Minggu (15/4).

Dijelaskan, dari Batang sendiri ada tiga perwakilan yang seharusnya mengikuti pameran ini. Yakni I’m Nurul oleh Nurul Maslahah, Art from the Heart, dan Tunas Cahaya oleh Mutmainah.

“Sebenarnya untuk perwakilan Batang sendiri ada tiga. Tapi yang berangkat hanya saya dan Mbak Mutmainah. Karena pemilik karya Art from the Heart, yang kebetulan kakak saya sendiri berhalangan hadir,” terang siswa kelas 10 SMKN 1 Warungasem ini.

Sementara itu, Mutmainah menerangkan, ia dan Nurul terpilih untuk mewakili Batang mempresentasikan Batik Rifaiyah. Sebelumnya, pengrajin Batik Rifaiyah asal dari Batang yang kebanyakan dari Kalipucang Wetan dan sekitarnya ini dibina terlebih dulu oleh Bekraf. Setelah dibina kemudia hasil karya mereka diseleksi untuk diikutkan ke pameran ini.

“Sebelumnya kami memperoleh pembinaan dari Bekraf. Hingga akhirnya setelah mengikuti proses seleksi, tiga perwakilan Batang dipilih untuk mengikuti pameran ini. Sangat bangga, karena dengan pameran ini dapat mengenalkan Batik Rifaiyah bahkan hingga goes to International,” tandasnya. (nov)

Penulis: Novia Rochmawati & Redaktur: Dony Widyo

Facebook Comments