Metro Pekalongan

Bawono Ika Menjabat Plt Kalapas Pekalongan

Plt Kalapas

SERTIJAB – Upacara sertijab Kalapas Pekalongan dari M Hilal kepada Bawono Ika Sutomo dilaksanakan di Lapas Pekalongan, kemarin (15/4).

KOTA PEKALONGAN – Mutasi jabatan terjadi di lingkungan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Pekalongan. Jabatan Kalapas Pekalongan yang semula dipegang M Hilal, kini telah diserahterimakan kepada Bawono Ika Sutomo, selaku Pelaksana Tugas (Plt) Kalapas Pekalongan.

Upacara serah terima jabatan (sertijab) telah dilaksanakan di Lapas Pekalongan pada Minggu (15/4). Dihadiri Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah Ibnu Chuldun, didampingi oleh Kepala Bagian Umum dan Kepala Unit Pelaksana Teknis Forkomda Pekalongan.

Kalapas Pekalongan yang lama, M Hilal, yang selanjutnya akan melaksanakan tugas sebagai Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Bangka Belitung, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kerja sama, dedikasi, loyalitas dan sinergi yang kuat dengan seluruh petugas di Lapas Pekalongan selama melaksanakan tugasnya.

Dia juga menyampaikan pesan kepada semua petugas pemasyarakatan untuk selalu mengingat tata kehidupan yang selama ini sudah tertata dengan baik di Lapas Pekalongan.

Plt Kalapas Kelas IIa Pekalongan Bawono Ika Sutomo, dalam sambutannya berharap agar kinerja yang telah tertata dan berjalan dengan baik selama ini di Lapas Pekalongan dapat terus dilaksanakan dan ditingkatkan.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkum HAM Jateng, Ibnu Chuldun, dalam arahannya memberikan apresiasi terhadap kinerja Lapas Pekalongan dibawah kepemimpinan M Hilal. Menurutnya, M Hilal telah membawa Lapas Pekalongan atau yang lebih dikenal dengan nama EL-PASKAL mencapai prestasi dan memberikan peningkatan kinerja Lapas melalui Penguatan SDM Pemasyarakatan, Pengelolaan lingkungan Lapas yang bersih dan rapi, Pemakaian Pakaian Dinas yang lengkap dan rapi sesuai peraturan.

Kakanwil juga menegaskan kepada semua pegawai di Lapas Pekalongan untuk tetap meningkatkan sinergi dan menjalankan semangat E-Gov sebagai kebijakan Kementerian Hukum dan HAM, agar dapat dilaksanakan dengan baik serta mendukung Plt Kepala Lapas Pekalongan.

Pesan penting juga disampaikan oleh Kakanwil mengenai pemberantasan narkoba. Dia menegaskan, untuk lebih menjaga dan meningkatkan keamanan dan ketertiban dalam Lapas khususnya para petugas jaga sehingga tidak ada pengendalian narkoba yang dapat dilakukan oleh narapidana dari dalam Lapas. “Hal demikian harus dilaksanakan dengan baik untuk menjaga nama baik Kementerian Hukum dan HAM khususnya menjaga nama baik Lapas Pekalongan, untuk itu penting menjaga komitmen dan integritas seluruh petugas dan pegawai,” tegasnya.

Dalam acara ini, dijelaskan pula oleh Kepala Bagian Umum mengenai mekanisme sebelum dilaksanakan serah terima jabatan yaitu berupa Pemeriksaan Penutupan Kas, Pemeriksaan BMN berupa senjata dan amunisi, serta validitas data jumlah penghuni dalam Lapas pada saat ini.

Disebutkan bahwa data penghuni Lapas per 15 April 2018 adalah sejumlah 776 orang, dan secara keseluruhan penyerapan anggaran Lapas Pekalongan sampai pada triwulan I adalah sebesar 26,76%.

Dalam acara serah terima jabatan ini, diakhiri dengan tayangan video mengenai filosofi kehidupan sebagai motivasi bagi kita semua dalam bekerja dan menjalani kehidupan. (way)

Penulis: Wahyu Hidayat & Redaktur: Abdurrahman

Facebook Comments