Metro Pekalongan

Pelunasan Biaya Haji Mulai Dibuka

Pelunasan Haji

LAKUKAN PELUNASAN – Calon jamaah haji Kota Pekalongan saat melakukan pelunasan biaya ibadah haji di Kantor Kemenag Kota Pekalongan. Pelunasan tahap pertama mulai dibuka 16 April hingga 4 Mei 2018.
M. AINUL ATHO’

KOTA PEKALONGAN – Calon jamaah haji Kota Pekalongan yang sudah mendapatkan alokasi untuk berangkat tahun ini, harus mulai melakukan pelunasan biaya ibadah haji. Pelunasan tahap pertama, dibuka sejak 16 April hingga 4 Mei mendatang. Sedangkan pelunasan tahap kedua aan dibuka pada 16 Mei hingga 25 Mei.

Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag Kota Pekalongan, Mundakir menjelaskan, jadwal pelunasan biaya ibadah haji sudah turun dari Kemenag RI pada Senin (16/4) pagi.

“Jadwal dan aturannya sudah turun, sehingga mulai hari ini pelunasan biaya ibadah haji mulai bisa dilakukan,” tuturnya.

Sesuai aturan yang sudah ditetapkan, biaya ibadah haji untuk Kota Pekalongan yakni sebesar Rp35.933.275. Calon jamaah haji, sudah melakukan setoran awal sebesar Rp25 juta. Kekurangan biaya tersebut yang kemudian harus dilunasi oleh calon jamaah haji.

“Pelunasan tinggal membayar sisanya saja,” tambah Mundakir.

Ia menyatakan, ada syarat utama bagi calon jamaah haji dalam melakukan pelunasan biaya ibadah haji yakni surat keterangan kesehatan. Surat tersebut akan menentukan apakah calon jamaah haji berangkat atau tidak. “Salah satu syaratnya membawa surat keterangan kesehatan dan bukti pelunasan. Jika surat keterangan kesehatan tidak menunjukkan bahwa yang bersangkutan dalam kondisi siap, maka bisa saja tidak berangkat,” jelasnya.

Mengenai pelunasan yang dibagi tahap pertama dan kedua, ia menerangkan bahwa pelunasan tahap pertama dilakukan bagi jamaah haji reguler. Sementara tahap kedua, diperuntukkan bagi calon jamaah haji tertentu misalnya lansia, atau calon jamaah haji cadangan.

“Contohnya jika ada calon jamaah haji yang harus didampingi, nah pendampingnya jika siap berangkat bisa melunasi di tahap kedua,” katanya.

Tahun ini Kota Pekalongan mendapatkan kuota sebanyak 395 calon jamaah haji yang akan berangkat ditambah 14 cadangan. Untuk paspor, dikatakan Mundakir sudah seluruhnya selesai. “Terakhir kami melakukan penyelesaian ketika ada event pameran dimana Imigrasi membuka stan disana dan memberikan pelayanan. Alhamdulillah sisa 200 jamaah yang sebelumnya masih menunggu bisa diselesaikan saat itu juga sehingga saat ini untuk paspor seluruhnya sudah selesai,” tandasnya. (nul)

Penulis: M. Ainul Atho’ & Redaktur: Abdurrahman

Facebook Comments