Radar Kajen

Jumlah Dapil Pileg Sama

M Ahsin

M Ahsin

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan daerah pemilihan Pemilu Legislatif atau DPRD untuk tingkat kabupaten. Seperti diketahui, sebelumnya KPU Kabupaten Pekalongan juga telah melakukan uji publik terhadap dapil yang diusulkan kepada KPU RI untuk ditetapkan.

M Ahsin, Anggota KPU Kabupaten Pekalongan, mengungkapkan, usai proses uji publik dilakukan, KPU RI dengan surat keputusan bernomor 276 tanggal 4 April 2018 telah menetapkan dapil untuk Pemilu Legislatif DPRD di Kota Santri.

Dalam penetapan itu, dijelaskan, daerah pemilihan di Kabupaten Pekalongan terbagi dalam lima dapil. Kelima daerah pemilihan tersebut yaitu dapil 1 meliputi Kecamatan Kajen, Paninggaran dan Kandangserang. Dapil 2 meliputi Kecamatan Kesesi, Bojong dan Sragi, sedangkan dapil 3 meliputi Kecamatan Tirto, Siwalan, Karangdadap dan Wiradesa.

Kemudian untuk dapil 4 di antaranya, Kecamatan Buaran, Kedungwuni, Karangdadap dan Wonopringgo. Selanjutnya untuk daerah pemilihan lima adalah Kecamatan Doro, Karanganyar, Lebakbarang, Petungkriyono serta Talun.

“Sampai saat ini, tahapan Pileg 2019 masih dalam tahap sosialiasi DPD, yaitu pada 22-26 April 2018. Pendaftaran DPRD dilaksanakan di KPU Provisi. Untuk salah satu persyaratannya adalah adanya bukti dukungan berupa foto kopi KTP elektronik minimal sebanyak 5.000 yang tersebar di 18 kota/kabupaten atau 50 persen dari 35 kabupaten/kota di Provinsi Jawa Tengah,” terang Ahsin.

Sementara, lanjut dia, terkait dengan tahapan pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah 2018, kata Ahsin, sekarang sudah dalam proses penetapan DPSHP atau daftar pemilih sementara hasil pemutakhiran untuk tingkat kecamatan. Sedangkan penetapan daftar pemilih tetap atau DPT tingkat kabupaten, sesuai jadwal yang ada, akan ditetapkan pada 17 April 2018. (yan)

Penulis: M. Hadiyan & Redaktur: Widodo Lukito

Facebook Comments