Radar Kajen

Meresahkan, Balap Liar Dibubarkan

Balap Liar

DIBUBARKAN – Lantaran kerap meresahkan warga Kedungwuni, aksi balap liar yang dilakukan oleh sekelompok warga dibubarkan oleh petugas Gabungan Polres Pekalongan dan Denpom 0710 Pekalongan.
TRIYONO

Di Jalan Raya Kedungwuni

Lantaran kerap meresahkan warga, aksi balap motor liar yang dilakukan oleh sekelompok pemuda di Jalan Raya Kedungwuni dibubarkan oleh Tim Gabungan Polres Pekalongan dan Polisi Militer, kemarin dinihari.

Aksi balap liar di Jalan Raya Pekajangan – Kedungwuni itu sudah beberapa hari terjadi hingga membuat keresahan pemakai jalan. Selain pemakai jalan, masyarakat di sekitar balap liar juga resah.

Menyikapi keresahan warga tersebut, Kapolres Pekalongan AKBP Wawan Kurniawan langsung memerintahkan jajarannya untuk menangkap dan memproses pelaku balap liar sesuai hukum apabila ditemukan terjadi tindak pidana.

“Saya tidak main-main dengan namanya aksi balap liar, untuk itu kami tindak tegas. Untuk itu kami melakukan razia gabungan bersama dengan Denpom 710 Pekalongan untuk merazia balap liar,” terang Kapolres.

Razia balap liar dini hari dipimpin langsung oleh Wakapolres Pekalongan Kompol Joko Watoro beserta Kabagops Polres Pekalongan Kompol M Udjir beserta para Kasat Polres Pekalongan dengan personil gabungan berjumlah 75 orang.

“Dari namanya Balap Liar sudah tidak baik, apalagi dilakukan dijalanan umum, waktunya malam hari yang notobene seharusnya dipergunakan masyarakat untuk beristirahat dan jalanan itu sendiri dipergunakan beraktifitas pengguna jalan lainnya,” terang Wakapolres.

Diakui, dalam balap liar sendiri banyak potensi terjadi pelanggaran-pelanggaran misalkan pelanggaran norma sosial dimasyarakat yang mengakibatkan warga sekitar menjadi terganggu. Kemudian potensi pelanggaran lalulintas yang pastinya spesifikasi kendaraan yang dipergunakan pasti sudah tidak sesuai ketentuan dan semestinya yang harus dipergunakan dijalan raya.

“Bahkan mungkin sekali terjadi tindak pidana, kenapa sampai dimungkinkan terjadi tindak pidana, lihat saja, banyak orang menonton yang ditonton sesuatu yang mengasikan bagi mereka, biasanya sesuatu yang mengasikan akan dijadikan pertaruhan maka sangat mungkin terjadilah perjudian, dengan mempertaruhkan siapa yang menang dan kalah,” lanjut Wakapolres.

Sementara dari razia balap liar oleh Tim Gabungan, kata dia, pihaknya telah mengamankan beberapa kendaraan yang dipergunakan untuk balapan.

Kasubag Humas Bagops Polres Pekalongan Iptu Akrom berharap dengan digalakan razia balap liar oleh Polres Pekalongan ini membuat masyarakat Kabupaten Pekalongan nyaman dan aman.

“Kegiatan ini sendiri akan terus dilakukan dengan sistem random artinya tidak dijadwal, ada tim Leopard yang stanby dan selalu barpatroli di jam rawan untuk menindaklanjuti laporan masyarakat,”pungkas Iptu Akrom. (yon)

Penulis: Triyono & Redaktur: Widodo Lukito

Facebook Comments