Radar Pendidikan

Menengok Kegiatan Berbagi Buku Insta Pekalongan di SDN 02 Kulu

*Bangkitkan Semangat Siswa Hingga Daerah Pelosok

Komunitas Insta Pekalongan mengadakan kegiatan Berbagi Buku untuk membangkitkan semangat para siswa daerah pelosok Kabupaten Pekalongan. Seperti apa kegiatannya? EKA ISDITYA, Kajen

Menengok Kegiatan Berbagi Buku Insta Pekalongan di SDN 02 Kulu

BERBAGI – Kegiatan Berbagi Buku Komunitas Insta Pekalongan di SD Negeri 02 Kulu, Jumat (13/04).
EKA ISDITYA / RADAR PEKALONGAN

MEMBAWA misi sosial dan pendidikan, Komunitas Insta Pekalongan telah rutin mengadakan kegiatan Berbagi Buku kepada para siswa di sekolah-sekolah sekitar Pekalongan terutama di daerah yang jauh dari perkotaan. Kegiatan Berbagi Buku Komunitas Insta Pekalongan yang digelar Jumat (13/04) dilaksanakan di SD Negeri 02 Kulu. Meski harus menempuh medan yang cukup sulit untuk menuju lokasi, para anggota Komunitas Insta Pekalongan sangat antusias dan bersemangat untuk dapat berbagi kebahagiaan dan keceriaan dengan para siswa di salah satu SD yang terletak di Kabupaten Kajen itu.

Salah satu anggota Komunitas Insta Pekalongan, Suci Martya Peni, menjelaskan bahwa kegiatan tak hanya sekadar membagikan buku kepada para siswa, namun ia beserta rekan-rekan sekomunitas juga berbagi ilmu pengetahuan serta keceriaan-keceriaan melalui kegiatan yang dilaksanakan disana. “Untuk kegiatan Insta Pekalongan Berbagi Buku ini, kami tidak sekedar berbagi buku tulis saja, tapi kami juga memasukkan tema pengetahuan dan kesehatan,” ujar Suci, sapaan akrabnya.

Dalam materi kesehatan, pihaknya memberikan ilmu-ilmu sederhana tentang pentingnya menjaga kesehatan anak seperti tata cara mencuci tangan, tata cara menggosok gigi, hingga tips-tips menjaga kebersihan dan kesehatan.

Masing-masing anggota yang terbagi dalam penanggungjawab masuk ke kelas-kelas untuk memberikan kepada para siswa. Tak hanya kegiatan materi di dalam kelas, pihaknya juga menggelar kegiatan outdoor. “Setelah materi di kelas, kemudian semua anak-anak kami kumpulkan di lapangan disana kami beri sedikit permainan, ada ice breaking dan juga review tentang materi-materi yang sudah disampaikan di kelas tadi,” jelasnya.

Suci mengungkap, dengan membawa misi berbagi kebahagiaan kepada anak-anak Pekalongan, pihaknya ingin memperluas jangkauan terutama ke sekolah-sekolah terpelosok yang jauh dari hingar bingar perkotaan. “Harapan ke depannya mereka dapat menjadi generasi penerus yang membanggakan di Pekalongan. Ini juga sebagai sentilan kepada masyarakat untuk ikut membantu mereka-mereka yang ada di pelosok, yang fasilitas-fasilitasnya tidak selengkap dan semudah orang-orang perkotaan,” ungkapnya.

Dijelaskan pula, pendidikan itu penting, meskipun Insta Pekalongan hanya sebuah komunitas, namun para anggotanya menginginkan agar pendidikan di Pekalongan lebih menjadi perhatian masyarakat. “Kami juga sekarang open donasi untuk teman-teman yang ingin ikut berbagi dan membantu adik-adik kita di daerah pelosok,” katanya.

Untuk rencana kegiatan Insta Pekalongan Berbagi Buku selanjutnya, mereka merancang kegiatan yang akan menggandeng komunitas lain seperti Komunitas Reptil dan Doodle Art Pekalongan. “Harapannya komunitas-komunitas itu dapat memberikan ilmunya kepada adik-adik kita,” pungkasnya. (*)

Penulis: Eka Isditya | Radar Pekalongan
Redaktur: Dalal Muslimin

Facebook Comments