Radar Kendal

BPR BKK Kendal Bantu Kebutuhan Air Bersih

BPR BKK Kendal Bantu Kebutuhan Air Bersih

KUNJUNGAN – Direktur Utama BKK Kendal saat menerima kunjungan dari perwakilan Water.org Asia Tenggara.
AKHMAD TAUFIK / RADAR PEKALONGAN

KENDAL – PD BPR BKK Kendal memiliki program menarik bagi kelompok masyarakat yang membutuhkan tersedianya air bersih dengan bekerjasama dengan Water.org. Program Kredit BKK Air (BPSPAM) sudah dimulai sejak tahun 2017. BPSPAM sendiri merupakan program kredit yang diperuntukan bagi kelompok masyarakat di Kabupaten Kendal dengan plafon maksimal Rp50 juta tanpa agunan atau jaminan sementara jangka waktunya sampai 36 bulan.

Hal tersebut dibenaran Direktur Utama PD. BPR BKK Kendal Akhamd Mundolin. “Dalam rangka mendukung program pemerintah terkait pengadaan sarana air bersih, maka kami menawarkan program BPSPAM dengan syarat yang mudah. Program ini dikhususkan bagi kelompok masyarakat di Kabupaten Kendal yang membutuhkan sarana penyedia air bersih dan kami bekerjasama dengan Water.org,” ungkapnya.

Perlu diketahui bahwa Water.org merupakan sebuah organisasi internasional dengan pusat di Amerika Serikat yang memiliki tujuan memberikan bantuan kepada daerah di negara-negara berkembang (seperti Afghanistan, Ethiopia dan lainnya) yang tidak memiliki akses air minum yang aman dan sanitasi. Kebetulan baru-baru ini, PD BPR BKK Kendal untuk kesekian kalinya kedatangan perwakilan Water.org untuk wilayah Asia Tenggara dengan agenda peninjauan program BPSPAM dari BKK Kendal yang sudah berjalan. Adapun beberapa daerah yang sudah memanfaatkan program BKK Kendal meliputi BPSPAM Tirto Lestari Desa Kalirandu Kecamatan Cepiring, BPSPAM Kartika Tirta Desa Kartika Jaya Kecamatan Patebon, BPSPAM Tirto Guna Desa Tejorejo Kecamatan Ringinarum, BPSPAM Tirto Arum Sari Desa Tambaksari Kecamatan Rowosari, dan BPSPAM Banyu Mukti Desa Tanjungsari Kecamatan Rowosari.

“Pemanfaatan Kredit Air ini banyak seperti kebutuhan pembuatan sumur baru, penambahan kapasitas pelayanan, pembelian alat misalkan penambaham pompa air dan lainnya. Tujuan kami utama agar masyarakat dapat terakses air bersih dengan biaya terjangkau karena SPAM ini dapat melayani ratusan KK terkait air bersih dengan biaya yang lebih murah,”pungkasnya. (fik)

Penulis: Akhmad Taufik | Radar Pekalongan
Redaktur: Widodo Lukito

Facebook Comments