Radar Pendidikan

Pelajar Dikenalkan Keistimewaan Salat

SDN Kasepuhan 03

PERINGATI – Siswa SDN Kasepuhan 03 usai memperingati Isro Miroj 1439 H, Jumat (13/9).
NOVIA ROCHMAWATI / RADAR PEKALONGAN

BATANG – SDN Kasepuhan 03 menggelar pelaksanaan Peringatan Isro Miroj Nabi Muhammad SAW, Jumat (13/4). Dalam peringatan tersebut, ustadz Hasan Khudhori SPdI selaku pemateri berharap pelajar rajin mengamalkan salat lima waktu. Karena salat merupakan oleh-oleh istimewa dari peristiwa Isra Miraj.

“Hari ini (Jumat, 13/4, red) kita memperingati hari lahirnya Panca Salat. Kalau salatmu baik maka amal ibadahmu yang lain akan diterima oleh Allah SWT, begitu juga sebaliknya,” terangnya.

Diceritakan, bahwa Nabi Muhammad diperjalankan oleh Allah SWT di sepertiga malam. Perjalanan di mulai dari Masjidil haram Makkah ke masjid Al Aqsa Palestina, dan sampai ke singgasana Allah SWT dengan mengendarai buroq.

Selama perjalanan, diperlihatkannya sebagian keagungan Tuhan dari dalam surga bahkan sampai melihat neraka. Sampai akhirnya Nabi Muhammad saw di perintahkan untuk mengerjakan salat lima waktu sehari semalam.

“Inilah keistimewaan dari sholat, yang proses perintah nya langsung menghadap Allah SWT tanpa ada perantara apapun. Maka dari itu anak-anak SDN Kasepuhan 03, jangan sampai kalian meninggalkan salat, karena kalau sampai meninggalkannya maka kalian termasuk orang yang menghancurkan agama Allah,” harapnya.

Kepala SDN Kasepuhan 03, Titin Sulistyoningsih SPd, menerangkan, kegiatan ini ikuti 200 siswa. Tak hanya diisi dengan mauidhoh hasanah, kegiatan ini sebelumnya diawali dengan salat dhuha berjamaan dan pembacaan asmaul husna.

“Kegiatan PHBI di SDN Kasepuhan 03 biasa dilaksanakan, dengan harapan para siswa mengingat kembali sejarah Isro miroj yang memang amat sangat penting untuk kita semua. Apakah artinya harta banyak rumah mewah mobil yang indah–indah jika kita tidak melaksanakan salat,” terangnya.

Sedangkan Guru Agama Islam SDN Kasepuhan 03, Kusrini SPdI mengingatkan, agar anak tidaknya jangan meninggalkan salat. Oleh karenanya ia juga berharap anak didiknya dapat menghafalkan bacaan dan gerakan salat dengan betul.

“Jangan sekali–kali anak meninggalkan sholat lima waktu. Oleh karena itu hafalkan bacaan dan gerakan sholat sampai kamu hafal betu,” pintanya. (nov)

Penulis: Novia Rochmawati | Radar Pekalongan
Redaktur: Dalal Muslimin

Facebook Comments