Metro Pekalongan

Polres Lakukan Rikmin Awal Berkas Pendaftar Calon Anggota Polri

Rikmin Polri

RIKMIN – Sejumlah pendaftar calon anggota Polri tahun 2018 sedang mengikuti proses pemeriksaan administrasi (rikmin) awal di Mapolres Pekalongan Kota, Jumat (13/4).
WAHYU HIDAYAT

KOTA PEKALONGAN – Polres Pekalongan Kota, bersama instansi terkait seperti Dinas Pendidikan, Dindukcapil, Balai Pengendali Pendidikan Menengah dan Khusus (BP2MK) melakukan pemeriksaan administrasi (rikmin) awal terhadap berkas pendaftar calon anggota Polri TA 2018 di aula Mapolres Pekalongan Kota, Jumat (13/4).

Pada hari dan tempat yang sama, Polres Pekalongan Kota selaku panitia lokal penerimaan anggota Polri TA 2018, bersama perwakilan siswa pendaftar calon anggota Polri, orang tua, serta pengawas internal maupun internal, menandatangani pakta integritas.

Pakta integritas ini guna menjamin seluruh tahapan seleksi penerimaan calon angota Polri jauh dari praktik korupsi kolusi dan nepotisme dan tidak dipungut biaya. Selain itu memegang teguh prinsip Bersih, Transparan, Akuntabel, Humanis (Betah), Berkualitas, serta Clear & Clean. “Maka dari itu, proses pendaftaran calon anggota Polri ini melibatkan banyak pihak, internal maupun eksternal. Kita melibatkan pengawas internal maupun eksternal. Pengawas eksternal antara lain terdiri dari LSM maupun media,” terang Kapolres Pekalongan Kota AKBP Ferry Sandy Sitepu, melalui Wakapolres Kompol Saprodin, didampingi Kabag Sumda Kompol Sri Sumardi, Jumat (13/4).

Kabag Sumda Kompol Sri Sumardi menyampaikan, ada 87 orang yang telah memasukkan berkas pendaftarannya di Polres Pekalongan Kota. Perinciannya, pendaftar Akpol sebanyak 14 orang terdiri dari 13 pria dan 1 wanita, Bintara Polri tugas umum sebanyak 67 orang terdiri dari 58 pria dan 9 wanita, serta Tamtama sebanyak 6 orang pendaftar pria.

Namun hingga proses rikmin awal kemarin, dari 87 pendaftar itu yang dinilai memenuhi syarat untuk ke tahap selanjutnya di tingkat Polda ada 75 orang. Perinciannya, antara lain satu orang pendaftar Akpol tidak memenuhi syarat, kemudian 5 pendaftar Bintara tugas umum tidak hadir sehingga tidak memenuhi syarat, dan satu orang pendaftar Tamtama tidak memenuhi syarat. (way)

Penulis: Wahyu Hidayat & Redaktur: Abdurrahman

Facebook Comments