Metro Pekalongan

Gelar Kegiatan Meriah untuk Ramaikan Masjid

Isra Miraj Masjid Ummi Solechah Djunaid

MERIAH – Arak-arakan peserta khitanan massal yang digelar pengurus dan pemuda masjid Ummi Solechah Djunaid, Kelurahan Panjang Wetan, menjadi momentum untuk lebih meramaikan masjid.
M. AINUL ATHO’

Peringatan Isra Miraj Masjid Ummi Solechah Djunaid

Berbagai kegiatan digelar pengurus masjid Ummi Solechah Djinaid, Kelurahan Panjang Wetan, dalam rangka memperingati Isra Miraj Nabi Muhammad SAW. Mulai dari sunatan massal yang diawali arak-arakan peserta pada Jumat (13/4) sore, hingga pengajian umum bersama KH Nur Zain Ismail dari Batang, serta dimeriahkan Grup Syafika Nada pada Sabtu (14/4) malam.

Pengurus Masjid setempat, Mofid mengatakan, kegiatan-kegiatan dalam rangka peringatan hari besar Islam tersebut baru pertama kali digelar oleh pengurus masjid dan pemuda setempat. “Ini baru pertama kali dilaksanakan. Pengurus masjid bersama pemuda berinisiatif menggelar kegiatan yang meriah dengan harapan untuk meramaikan masjid,” tuturnya.

Meski baru pertama kali dilaksanakan, momentum ini dikatakan Mofid diharapkan mampu menggelorakan semangat para pemuda dan pengurus masjid agar konsisten untuk meramaikan masjid dengan berbagai aktivitas dan kegiatan. “Kami sudah berkomitmen, kegiatan ini akan menjadi agenda tahunan baik dalam momentum peringatan Isra Miraj maupun hari besar Islam lainnya,” tambah Mofid.

Keterlibatan pemuda dalam kegiatan syiar Islam, menurutnya menjadi salah satu momentum yang baik agar masjid bisa menjadi daya tarik bagi para pemuda untuk menggelar event maupun kegiatan yang positif.

Masjid menurutnya, selain memiliki fungsi utama sebagai tempat ibadah, juga bisa diposisikan sebagai tempat yang dapat menampung semangat dan kreativitas masyarakat.

“Kalau masjid bisa ramai dengan kegiatan positif dan pemuda bisa tertarik ikut berkecimpung di dalamnya, maka ini bisa menjadi satu kolaborasi yang baik dalam memakmurkan masjid dan masyarakat sekitar. Ini harus kita dorong agar konsisten. Sehingga masjid bisa besar bersama masyarakat di sekitarnya,” tandas Mofid. (nul)

Penulis: M. Ainul Atho’ & Redaktur: Abdurrahman

Facebook Comments