Radar Kajen

Besok, Kadindikbud Panggil Semua Kepsek SMP

Sumarwati

Sumarwati

Terkait Pemantapan UN

Untuk menyukseskan pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat SMP/MTs, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Pekalongan bakal mengundang seluruh kepala sekolah pada Selasa (17/4) mendatang. Mereka bakal diberi pemantapan untuk menyukseskan UN di Kota Santri, baik UN Berbasis Komputer (UNBK), UN berbasis Kertas Pensil (UNKP), maupun UN Pendidikan Kesetaraan (UNPK).

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dindikbud Kabupaten Pekalongan, Sumarwati, saat dihubungi Radar, kemarin. Ia mengatakan, Selasa mendatang, pihaknya akan melakukan pemantapan menghadapi UN SMP kepada seluruh kepala sekolah.

“Kita akan undang seluruh kepala sekolah untuk mewujudkan sukses UN di Kabupaten Pekalongan,” terang Sumarwati.

Meskipun, lanjut dia, persiapan sudah dimulai sejak Januari lalu, mulai dari pemberian bintek dan lain-lain. Namun, pemantapan menjelang pelaksanaan ini dinilai penting.

“Nanti akan kita beri motivasi kepada mereka. Agar mampu mendorong anak didik supaya dapat mengerjakan UN dengan baik,” tambahnya.

Seperti yang sering ia katakan, tahun ini pelaksanaan UN SMP di Kabupaten pekalongan sedikit berbeda dibanding tahun sebelumya. Sebab, jika di tahun 2016-2017 lalu, hanya satu sekolah yang menyelenggaran ujian nasional berbasis komputer, yakni SMP N Wiradesa. Tahun ini ada 60 sekolah yang bakal menjadi penyelenggara UNBK.

“Kalau sekarang ada 60an sekolah yang menyelenggarakan. Termasuk yang luar biasa adalah SMP Petungkriyono menjadi salah satu penyelenggara UNBK tahun ini. Kemarin juga sempat saya cek, tidak ada kendala. Semuanya sudah siap,” ungkap Sumarwati.

Selain pelaksanaan UNBK, pelatihan atau simulasinya juga sudah dilaksanakan di SMA/SMK terdekat. “Ada beberapa sekolah yang masih menumpang UNBK di SMA / SMK terdekat.

Hal ini karena jumlah komputer di masing-masing sekolah belum memenihi 30 persen dari total jumlah siswa. “Diharapkan tahun depan, semua sudah bisa menjadi penyelenggara UNBK,” tandas Sumarwati. (yan)

Penulis: M. Hadiyan & Redaktur: Widodo Lukito

Facebook Comments