Radar Kajen

Warga Diminta Ikut Awasi WNA

Awasi WNA

KETERANGAN – Kadiv Keimigrasian Kemenkuham Jateng Ramli HS memberikan keterangan pers kepada sejumlah awak media kemarin.
TRIYONO

Banyaknya proyek nasional di Indonesia tak luput akan datangnya Warga Negara Asing (WNA). Untuk itu masyarakat diminta agar ikut melakukan pengawasan terhadap warga asing. Demikian dikatakan Kadiv Keimigrasian Kemenkumham Jateng, Ramli Hs.

Menurutnya, jika masyarakat mengetahui adanya kegiatan orang asing bisa langsung dilaporkan ke Kantor Imigrasi II Pemalang atau ke Tim Pora yang baru dibentuk.

“Kami akan lakukan pemeriksaan langsung jika ada kegiatan orang asing yang ada di wilayah hukum Kantor Imigrasi Kelas II Pemalang,” tutur Ramli.

Ramli menerangkan dalam kurun waktu satu tahun Kantor Imigrasi Kelas II ditahun 2018 ini juga telah mendeportasi satu WNA.

“Kantor Imigrasi Kelas II Pemalang diawal 2018 telah melakukan deportasi 1 WNA,” terangnya.

Sementara Asisten I Sekda Pemerintah Kabupaten Pekalongan Ali Reza mengatakan, untuk mengawasi orang asing perlu adanya sinergitas baik dari pemerintah maupun masyarakat.

“Aspek-aspek penguatan dan pengawasan harus terus digiatakan dalam arti untuk kepentingan nasional, apalagi menyangkut orang asing yang datang ke daerah,” paparnya.

Pihaknya menambahkan orang asing yang membawa ideologi dan mengganggu stabilitas negara terutama yang ilegal memang patut diawasi.

“Walaupun demikian masyarakat harus ramah kepada orang asing, karena tugas Pora bukan mencurigai tapi mewaspadai, jikapun ditemukan ada orang asing ilegal langsung laporkan.” (yon)

Penulis: Triyono & Redaktur: Widodo Lukito

Facebook Comments