Metro Pekalongan

Ratusan Botol Miras Oplosan Disita

Miras

MIRAS – Polsek Pekalongan Utara mengamankan ratusan botol miras jenis ciu dan beberapa miras jenis lainnya berikut penjualnya, Rabu (11/4) malam.
WAHYU HIDAYAT

KOTA PEKALONGAN – Ratusan botol miras jenis ciu yang biasa dijadikan bahan untuk miras oplosan, dan beberapa botol miras pabrikan berhasil disita jajaran Polsek Pekalongan Utara pada operasi pekat dan cipta kondisi yang digelar pada Rabu (11/4) malam.

Selain menyita miras-miras tersebut, polisi juga mengamankan sedikitnya tujuh orang, terdiri dari penjual serta beberapa orang yang kedapatan sedang mengonsumsi miras.

Kapolres Pekalongan Kota AKBP Ferry Sandy Sitepu, melalui Kapolsek Pekalongan Utara Kompol Agus Riyanto yang memimpin langsung operasi tersebut menyatakan, operasi telah dipersiapkan dengan matang sejak sore hari. Anggota Polsek Pekalongan Utara dibagi menjadi beberapa tim, selanjutnya melakukan pengintaian dan menyisir sejumlah lokasi di wilayah Pekalongan Utara.

Petugas awalnya menyisir warung remang-remang yang ada di sekitar pesisir pantai. Di pesisir pantai, petugas mendapati beberapa orang sedang duduk-duduk sembari ditemani botol miras. Demikian pula di sejumlah warung di kawasan tersebut. Sejumlah orang berikut beberapa botol miras itu kemudian dibawa ke mapolsek setempat.

Kemudian tim lain yang menyisir lokasi lain di daerah Seturi, Slamaran, petugas mendapatkan seorang pemilik warung yang menjual puluhan botol miras oplosan jenis ciu.

Penjual tersebut langsung dibawa ke kantor Polsek Pekalongan Utara berikut puluhan botol miras tersebut. Belakangan diketahui, ternyata masih ada ratusan botol miras oplosan yang berusaha disembunyikan penjual yang bersangkutan. Berkat kesigapan petugas, akhirnya berhasil diamankan lagi ratusan botol miras, yang sebelumnya sudah disimpan rapi di atas sepeda motor roda tiga milik penjual yang bersangkutan. “Dia (si penjual, red) berusaha menyembunyikan miras-miras yang sudah diangkut di motor roda tiganya,” kata Kompol Agus Riyanto.

Total sedikitnya ada 13 kardus berisi miras jenis ciu yang dikemas dalam botol bekas air mineral ukuran besar dan sedang. Selain itu ada puluhan botol ciu dan miras jenis lain seperti AO dan bir.

Menurut Kapolsek, kegiatan operasi pekat dan cipta kondisi ini sudah rutin dilakukan jajarannya. Namun, dengan adanya kejadian di Jawa Barat yang mengakibatkan puluhan korban akibat miras, kegiatan razia akhirnya ditingkatkan. Setelah para pelaku diperiksa di mapolsek, mereka akan dilimpahkan ke pengadilan negeri setempat untuk menjalani sidang tindak pidana ringan. (way)

Penulis: Wahyu Hidayat & Redaktur: Abdurrahman

Facebook Comments