Radar Batang

Perbaikan Jl Dr Sutomo Sepaket dengan Trotoar Timur

Perbaikan jl Dr Sutomo

MULAI DIGARAP – Sejumlah pekerja tengah memasang kansteen sebagai bagian dari proyek perbaikan ruas Jl Dr Sutomo.
AKHMAD SAEFUDIN

Nilai Kontrak Rp 1,8 M

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Batang memastikan perbaikan ruas Jalan Dr Sutomo Kota Batang mencakup penataan trotoar sisi timur. Proyek dengan nilai kontrak Rp 1.849.931.600 itu saat mulai dikerjakan dan ditargetkan selesai sebelum lebaran.

“Dengan nilai kontrak itu, RAB nya cukup untuk sekaligus menata trotoar sebelah timur. Jadi lebaran nanti tidak hanya jalannya yang mulus, trotoar timur pun sudah tertata,” kata Kepala DPUPR Kabupaten Batang, Ir Ketut Mariadji, didampingi Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Endro Suryono ST, Kamis (12/4) sore.

Jl Dr Sutomo menjadi bagian dari 10 ruas dalam Kota Batang yang tahun ini dilakukan pembenahan, baik dengan rigid beton ataupun hotmix. Dengan anggaran sekitar Rp 1,8 M itu, perbaikan Jl Dr Sutomo akan membentang sepanjang RSUD Kalisari sampai perempatan pantura.

“Selaku penyedia jasa, CV Karya Laksana saat ini mulai melakukan tahapan pemasangan kansteen di trotoar timur. Selanjutnya giliran ruas jalannya. Karena hotmix kan pelaksanaan bisa lebih cepat,” terang Ketut.

Kansteen sendiri sejenis produk beton precast yang digunakan untukk penguat tepi jalan yang dipasang paving blok/konblok. Pemasangan kansteen juga sekaligus untuk menata trotoar Jl Dr Sutomo.

“Anggarannya hanya untuk trotoar sisi timur, karena sisi barat kan tidak ada trotoarnya. Rencananya, tahun depan kawasan sempadan sungai itu akan ditata berikut tamannya. Tapi itu tupoksinya Disperkim, karena terkait taman,” terangnya.

Sementara untuk DPUPR, penataan trotoar akan dikonsentrasikan tahun 2019. Sejumlah ruas jalan protokol akan ditata, seperti JL Wachidin, A Yani, dan Gajahmada. Di sisi lain, Disperkim juga akan menggarap pertamanannya di atas trotoar agar terlihat lebih indah dan menyejukkan.

“Seperti sering disampaikan Pak Bupati, dua tahun awal memang untuk menata wajah kota. Tahun ini kami memulai dengan perbaikan ruas jalannya, tahun depan trotoar dan dari Disperkim ada pembuatan spot-spot taman untuk mempercantiknya. Harapannya warga Batang juga bisa mendukung rencana ini, karena semuanya toh masyarakat juga yang nantinya menikmati,” jelas Ketut. (sef)

Penulis: Akhmad Saefudin & Redaktur: Dony Widyo

Facebook Comments