Radar Bisnis

Samakan Pemahaman, DJP Jateng I Gelar Forum Pejabat Pengadaan

KPP Pratama

PENJELASAN – Kepala Kantor Pelayanan Pajak Pratama Pekalongan, Taufik Wijiyanto (kiri), dalam acara Forum Pejabat Pengadaan.

KPP Pratama Pekalongan

Rabu, (11/4) Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Tengah I, menyelenggarakan kegiatan Forum Kepala SubBagian Umum dan Kepatuhan Internal Kepala KP2KP serta Pejabat Pengelola Pengadaan Barang dan Jasa Tahun Anggaran 2018 di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Pekalongan. Kegiatan dilaksanakan selama tiga hari mulai Rabu-Jumat (11-13/4).

Kepala Kanwil DJP Jawa Tengah I yang diwakili oleh Kepala Bagian Umum Kanwil DJP Jawa Tengah I menyampaikan tujuan dilaksanakannya kegiatan ini untuk memberikan pengetahuan dan menyamakan pemahaman terkait sistem pengadaan barang dan jasa di lingkungan Kanwil DJP Jawa Tengah I. Pengadaan barang /jasa pemerintah yang efisien, efektif dan transparan merupakan salah satu bagian yang penting, dalam pengelolaan keuangan Negara yang transparan dan akuntabel. Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah yang efisien, terbuka dan kompetitif sangat diperlukan bagi ketersediaan Barang/Jasa yang terjangkau dan berkualitas, sehingga akan berdampak pada peningkatan pelayanan publik.

Peran Kuasa Pengguna Anggaran (KPA), Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Pejabat Pengadaan (PBJ) dan Pejabat Pemeriksa Hasil Pekerjaan (PjPHP) dalam setiap pengadaan barang dan jasa pemerintah sangat penting serta krusial mengingat merekalah yang harus bertanggung jawab dalam setiap proses pengadaan barang dan jasa. Karenanya diperlukan pemahaman dan keseragaman dalam semua pengadaan barang dan jasa.

“Melalui kegiatan ini, diperoleh adanya masukan, saran dan pendapat yang diharapkan dapat menjadi evalusi untuk pengembangan sistem pengadaan Barang dan Jasa di lingkungan Kanwil DJP Jawa Tengah I. Selain diisi materi terkait pengadaan barang dan jasa, kegiatan forum ini juga mengundang BPJS Cabang Semarang yang menyampaikan materi Manajemen Ketenagakerjaan khususnya tentang Mekanisme Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM). Forum juga mengundang Bank Mandiri Cabang Semarang yang menyampaikan Bimbingan Teknis Implementasi Perdirjen Perbendaharaan No. 17/PB/2017 tentang Uji Coba Pembayaran Dengan Kartu Kredit Dalam Rangka Penggunaan Uang Persediaan pada satuan kerja,” papar Kepala Kantor Pelayanan Pajak Pratama Pekalongan, Taufik Wijiyanto.

Dari kegiatan tersebut, LPSE Jawa Tengah juga diundang dalam Forum ini menyampaikan bimbingan teknis aplikasi SimpeL (Sistem Informasi Pengadaan Langsung). “Diharapkan melalui kegiatan forum ini dapat meng-upgrade kompetensi SDM di lingkungan Kanwil DJP Jawa Tengah I sehingga mampu melakukan pengelolaan atas pengadaaan Barang dan Jasa yang efektif, efisien, transparan dan akuntansi,” imbuhnya.

Dari kegiatan tersebut, LPSE Jawa Tengah juga diundang dalam Forum ini menyampaikan bimbingan teknis aplikasi SimpeL (Sistem Informasi Pengadaan Langsung). “Diharapkan melalui kegiatan forum ini dapat meng-upgrade kompetensi SDM di lingkungan Kanwil DJP Jawa Tengah I sehingga mampu melakukan pengelolaan atas pengadaaan Barang dan Jasa yang efektif, efisien, transparan dan akuntansi,” imbuhnya. (Fqn)

Penulis: M. Furqon Firmansyah & Redaktur: Dalal Muslimin

Facebook Comments