Radar Batang

Berharap Gaji Guru WB Setara UMK

Pudiono SPd

Ketua PGRI Cabang Batang – Pudiono SPd

BATANG – Pemkab Batang telah berkomitmen mensejahterakan tenaga pendidik dan kependidikan di Batang salah satunya dengan pemberian Bosda Personalia. Meski begitu, Ketua PGRI Cabang Batang, Pudiono berharap pemkab dapat menyetarakan gaji guru WB sesuai dengan UMK.

“Alhamdulillah sudah ada komitmen Pemkab Batang untuk mensejahterakan tenaga WB di Batang. Meski saat ini belum mencapai UMK, kami harap ke depan angka ini dapat mendekati UMK. Karena beban kerja WB sendiri sangat kompleks, tidak kalah dengan guru yang berstatus PNS,” terang, Pudiono SPd saat diwawancarai Radar Pekalongan, Rabu (11/4).

Diterangkan, meski saat ini belum mencapai UMK, pihaknya mengapresiasi pemkab yang telah memberikan kenaikkan Bosda personalia untuk WB. Selain itu, Disdikbud juga memberikan wewenang sekolah untuk memberikan insentif tambahan untuk tenaga WB. Asalkan jumlah total yang didapatkan tidak melebihi UMK Batang.

“Dulunya sekolah memang ada anggaran untuk tenaga WB. Semenjak ada Bosda Personalia, anggaran tersebut sempat ditangguhkan. Meski begitu kini ada kebijakan yang memperbolehkan sekolah untuk memberikan insentif kepada tenaga WB. Untuk besaran dapat ketetapannya sendiri disesuaika dengan kebijakan sekolah. Hanya saja besarannya jika digabung dengan Bosda Personalia tidak boleh melebihi UMK,” terangnya.

Di luar itu, pihaknya berharap semakin guru yang rajin membuat penelitian dan penulisan karya ilmiah. Khususnya bagi para guru yang sudah berstatus PNS. Sehingga iklim penelitian di kalangan guru khususnya di Kecamatan Batang dapat meningkat.

“Alhamdulillah sudah mulai menggeliat iklim penelitian pada kalangan guru. Meski begitu memang belum terlalu tinggi. Nah kami harap meski disibukkan dengan berbagai urusan sekolah, mereka dapat menyempatkan waktu untuk menulis karya ilmiah. Hal itu sebagai wujud peningkatan kapasitas sebagai seorang guru,” tandasnya. (nov)

Penulis: Novia Rochmawati & Redaktur: Dony Widyo

Facebook Comments