Radar Batang

Dinas Pariwisata Surati Airnav

Paralayang

LATIHAN – seorang atlit paralayangan tengah berlatih terbang di bukit Sikuping, belum lama ini.

Terkait Izin Penerbangan Paralayang

Kabupaten Batang dalam waktu dekat akan menggelar event yang cukup besar, dalam rangka memperingati hari jadinya ke 52.

Adalah Fun Fly Paralayang yang akan digelar pada tanggal 29 April 2018 di Bukit Sikuping, Desa Kedawung, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Batang.

Untuk menyukseskan event yang pertama kalinya digelar tersebut, Pemerintah Kabupaten Batang melalui Dinas Pariwisata dan Olahraga beserta Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) melakukan berbagai persiapan.

Mulai dari mempersiapkan spot lokasi acara sampai dengan mengajukan izin penerbangan bebas ke instansi yang bersangkutan.

Kepala Dinas Pariwisata dan Olahraga Kabupaten Batang, Wahyu Budi Santoso menjelaskan, pihaknya telah melayangkan surat ke Perusahaan Umum (Perum) Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) atau Air Navigasi (Airnav), terkait izin penerbangan paralayang.

“Kita sudah surati Airnav dan Pusat Penerbangan Angkatan Darat (Penerbat). Selain kita ajukan izin penerbangan, kita juga turut mengundang mereka untuk ikut meyaksikan gelaran acara paralayang,” kata Wahyu.

Ia mengatakan, event paralayang yang akan diselenggarakan di atas bukit dengan ketinggian 600 mdpl tersebut diyakini tidak akan mengganggu dan membahayakan jalur penerbangan.

“Tidak akan mengganggu, karena ketinggian penerbangan hanya beberapa ratus meter saja. Jadi aman aman saja,” ucapnya.

Sementara itu, Penasihat FASI Kapten Inf Sugito turut mengajak warga Batang maupun luar daerah untuk ikut meramaikan jalannya kejuaraan paralayang bupati Batang Cup dengan cara mendaftarkan diri sebagai peserta.

“Kami membuka kesempatan lebar bagi para peserta yang ingin ikut andil dalam kejuaraan paralayang ini. Dengan cukup membayar uang pendaftaran senilai Rp 150 ribu, maka peserta aka mendapatkan kaos, stiker, makan siang, transpot lokal, trofi dan sertifikat,” terangnya.

Ditambahkannya, untuk hadiah yang diperebutkan bernilai jutaan rupiah. Seperti untuk hadiah pada kelas senior, juara I mendapatkan Rp 5 juta, juara II Rp 3 juta, juara III Rp 2 juta dan juara IV Rp 1 juta.

Sedang untuk hadiah pada kelas junior, juara I mendapatkan Rp 3 juta, juara II Rp 2 juta, juara III Rp 1 juta dan juara IV Rp 750 ribu. (fel)

Penulis: M. Dhia Thufail & Redaktur: Dony Widyo

Facebook Comments