Radar Pendidikan

Unit Produksi, SMK Al Fusha Optimalkan Jurusan

SMK Al Fusha

MEMBUAT – Siswa jurusan tata busana SMK Al Fusha membuat kreasi pakaian.
FAKHRUN NISA / RADAR PEKALONGAN

KEDUNGWUNI – SMK Al Fusha berupaya untuk mengoptimalkan tiap jurusan dengan pengadaan unit produksi dan proyek siswa. Terdapat tiga jurusan di SMK Al Fusha, yakni Teknik Sepeda Motor (TSM), tata busana, dan akuntansi. Setiap jurusan memiliki unit produksi masing-masing yang mengembangkan kemampuan siswa.

Kepala SMK Al Fusha Ahmad Andi menuturkan, sekolah memiliki bengkel dan telah bekerja sama dengan produksi di luar untuk jurusan TSM. Sementara untuk jurusan akuntansi, sekolah mempunyai bank yang dikelola langsung oleh siswa. Diperkirakan, bank yang telah beroperasi selama tiga tahunini telah melakukan perputaran uang mencapai 1,5 miliar.

“Tidak ada sistem bunga dan pemotongan biaya administrasi. Untuk saat ini, saldo di bank kami ada sekitar 300 juta rupiah,” ujar Andi, sapaan akrabnya.

Dijelaskan, siswa jurusan tata busana mempunyai proyek berbeda di tiap jenjang. Siswa kelas X ditugaskan untuk membuat busana karnaval, siswa kelas XI membuat busana muslimah modern, dan siswa kelas XII membuat busana pernikahan.

“Kami harapkan setelah lulus dari SMK Al Fusha, siswa jurusan tata busana dapat membuat berbagai jenis pakaian. Karena mereka telah membuat proyek yang besar di sekolah, tidak sekadar model pakaian biasa,” lanjutnya.

Disebutkan, selain pengadaan unit produksi, siswa SMK Al Fusha juga dibekali dengan keterampilan bahasa asing, yakni Jepang dan Perancis. Setiap semester sekolah akan mendatangkan langsung guru dari negara bersangkutan untuk mengajar bahasa asing.

Tahun 2018 menjadi tahun kedua bagi SMK Al Fusha untuk meluluskan siswa. Andi berharap hasil Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun ini akan meningkat dibanding tahun sebelumnya.

“Kemarin, di tahun pertama, kami mendapatkan peringkat ke enam untuk nilai ujian antar SMK negeri dan swasta. Semoga tahun ini bisa meningkat lagi dan target kami bisa masuk ke peringkat tiga besar,” tandasnya. (mg6)

Penulis: Fakhrun Nisa | Radar Pekalongan
Redaktur: Dalal Muslimin

Facebook Comments